Thursday , July 9 2020
Breaking News
Keutamaan Bulan Rajab

Keutamaan Bulan Rajab

Dinukil dari Abdullah bin Abbas; karena bulan Rajab telah tiba, kaum muslimin berkumpul di sekitar Nabi saw. Lalu, setelah menyampaikan pujian dan syukur ke hadirat Allah Swt dan mengenang para nabi terdahulu, Nabi saw bersabda,

“Wahai kaum muslimin! Bulan agung dan penuh berkah akan datang menyelimuti kalian dan bulan tersebut adalah curahan yang mana rahmat Allah akan tercurah dan meliputi siapa saja yang menyembah dan beribadah kepadanya kecuali dia musyrik atau orang yang membuat bidah dalam Islam. Sesunggguhnya dalam bulan Rajab, ada sebuah amalan yang jika seseorang menghidupkan malam tersebut dan mendirikan salat di dalamnya, Allah Swt akan mengharamkan jasadnya dari api neraka dan seribu malaikat akan menyalaminya. Seribu malaikat akan memintakan ampunan untuknya sampai kelak datang malam seperti itu.” Kemudian bersabda, “Barangsiapa berpuasa satu hari di Bulan Rajab, dia akan selamat dan aman dari ketakutan hari kiamat dan akan terselamatkan dari api neraka.” [Bihar al-Anwar, jil. 33, hal. 47]

Dalam sebuah hadis Nabi saw disebutkan “Bulan Rajab adalah bulan Allah, dan bulan Sya’ban adalah bulanku, dan bulan suci Ramadhan adalah bulan bagi umatku.”

Nabi Muhammad saw juga bersabda dalam hadis lainnya “Siapa saja yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, seakan-akan telah berpuasa selama satu bulan.”

Malam Jumat pertama bulan Rajab disebut dengan Lailatu al-Raghaib yang memiliki tatacara ibadah tersendiri dan itu dimuat dalam beberapa riwayat. Sunah dan tradisi Iktikaf pada hari 13-15 dalam bulan ini adalah amalan yang sangat termasyhur, dikenal dengan istilah ayyamul bidh dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Paling pentingnya peristiwa suci sejarah yang terjadi di bulan Rajab adalah kebangkitan Nabi Islam saw, kelahiran Imam Muhammad Baqir as, serta syahadah Imam Ali Hadi as dan Imam Musa Kazhim as.

Melakukan ziarah kepada para maksumin di bulan Rajab, khususnya ke pusara Imam Husain as di permulaan dan pertengahan bulan, juga ke makam Imam Ali Ridha as, merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada bulan ini.

Bulan Rajab terbilang memiliki arti yang besar dan agung, sesuai sumber-sumber bahasa; bahwa orang-orang Arab pada periode sebelum Islam, mengganggap bulan ini sebagai bulan yang agung. Karenanya, mereka akan berusaha menjaga dan menahan diri dari melakukan peperangan di bulan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top