Wednesday , June 19 2019
Breaking News
Keutamaan Orang-orang yang Mengutamakan Orang lain atas Diri Mereka Sendiri

Keutamaan Orang-orang yang Mengutamakan Orang lain atas Diri Mereka Sendiri

Abu Hurairah meriwayatkan,“Seorang pria datang menemui Nabi saw seraya mengadukan rasa laparnya. Kemudian Nabi saw membawa pria itu ke rumah-rumah istri-istri beliau, tetapi mereka mengatakan,“Kami tidak memiliki apa pun kecuali air.”

Rasulullah saw bersabda, “Siapakah yang akan memberi makan kepada pria ini pada malam ini?” Imam Ali bin Abi ThaIib as menjawab, “Saya, wahai Rasulullah.”

Imam Ali as datang menemui Sayidah Fathimah as séraya bertanya kepadanya, “Apa yang engkau miliki, wahai putri Rasulullah?”

Sayidah Fathimah as menjawab, “Kita tidak memiliki apa pun kecuali makan malam (kita), tetapi kita mengutamakan tamu atas diri kita sendiri.”

Kemudian Imam Ali as berkata kepada Sayidah Fathimah as, “Wahai putri Rasulullah, tidurkan anak-anak dan matikan lampu!”

Keesokan harinya, Imam Ali as mendatangi Rasulullah saw dan mengabarkan kepada beliau apa yang telah dilakukannya terhadap tamunya itu. Tidak lama berselang, Allah Azza Wajalla menurunkan furman-Nya, …dan mereka mengutamakan… ‘

Imam Shadiq as meriwayatkan, “Suatu ketika, Sayidah Fathimah memiliki gandum. Lalu dia membuat asidah (makanan yang terbuat dari tepung gandum). Setelah memasak gandum itu, Sayidah Fathimah menghidangkan asidah itu untuk keluarganya. Tiba-tiba datang orang miskin dan berkata, “Semoga Allah merahmati kalian. Berilah saya makan!” Imam Ali as langsung berdiri dan memberinya sepertiga (makanan itu).

Tak lama, datanglah anak yatim seraya berkata, “Semoga Allah merahmati kalian, berilah saya makan!”

Imam Ali as kembali berdiri dan memberinya sepertiga (makanan itu). Selanjutnya, seorang tawanan perang (yang baru dibebaskan) datang seraya berkata, “Semoga Allah merahmati kalian, berilah saya makan!”

Imam Ali as berdiri lagi dan memberinya sepertiga (makanan itu). Mereka tidak menyantap makanan itu sedikit pun. Kemudian Allah Yang Mahasuci menurunkan ayat-ayat (surah al-Insan) berkenaan dengan mereka. Ayat-ayat tersebut berlaku bagi setiap mukmin yang melakukan hal itu semata-mata mengharap keridaan Allah Azza Wajalla.

Abu Thufail meriwayatkan, “suatu ketika Imam Ali as membeli sepotong pakaian dan mengaguminya. Kemudian dia menyedekahkan pakaian tersebut seraya berkata, Saya mendengar Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mengutamakan orang lain atas dirinya sendiri, niscaya Allah akan mengutamakannya atas diri-Nya sendiri dengan memasukkannya ke dalam surga!”

Mizanul al-Hikmah. jil 1, bab Mengutamakan Orang Lain Atas Dirinya Sendiri, hal. 4-7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top