Wednesday , December 11 2019
Breaking News
Keutamaan Sayidah Fathimah Az Zahra

Keutamaan Sayidah Fathimah Az Zahra

“Sayidah Fathimah az-Zahra dalam umurnya yang singkat bisa sampai pada derajat Sayyidatu nisa al-Alamin, yakni menjadi wanita terbaik sepanjang sejarah.” [1] Rahbar, Sayid Ali Khamenei Hfz.

Pekan ini adalah pekan kesyahidan Sayidah Fathimah as. Alangkah lebih baik bila kita membahas setetes dari lautan keutamaan beliau supaya pengetahuan dan kecintaan kita kepada beliau juga semakin tumbuh dan kuat terpatri dalam hati sehingga kita bisa menyelam dalam lautan spiritual di pekan kesyahidan beliau ini.

Apa sebenarnya yang beliau miliki sehingga beliau dalam umur kurang dari 20 tahun bisa sampai pada derajat tersebut? Apakah kita juga bisa mencapai derajat beliau seandainya Tuhan memberikan umur seribu tahun lagi? Mungkin bisa. Tapi hanya sebuah kemungkinan bukan sebuah kepastian, sedangkan beliau sudah sampai pada derajat itu dan termanifestasi dalam wujudnya.

Untuk mengetahui keutamaan beliau penulis merujuk kepada dua sumber besar Islam yaitu Alquran dan hadis sebagai dua sumber yang disepakati keabsahannya oleh mayoritas kaum Muslimin.

Keutamaan Berdasarkan Surah Al-Imran Ayat 61

Ayat ini dikenal dengan ayat mubahalah [2]. Kaum Muslim berpendapat bahwa Rasulullah saw membawa Sayidah Fathimah untuk mubahalah dengan kaum Masihi pada waktu itu dan Sayidah Fathimah adalah yang dimaksud dengan kata nisa dalam ayat ini. Dalam peristiwa ini, sejarah mencatat bahwa tokoh Masihi membatalkan mubahalah mereka.

Salah satu dari kaum Masihi berkata bahwa “Apabila aku melihat pada lima wajah ini, aku yakin kalau mereka memohon kepada Allah untuk memindahkan gunung, maka Ia akan mengabulkannya…”

Lalu dalam hal apakah pada peristiwa mubahalah ini yang menunjukkan keutamaan Sayidah Fathimah as?

Yaitu ketika Rasulullah saw dengan perantara Imam Ali, Sayidah Fathimah, Imam Hasan, dan Imam Husain as bermubahalah dengan kaum Masihi dan bersabda, “Aku yang berdoa dan kalian yang mengaminkan.”

Kita yakin bahwa Allah pasti akan mengabulkan doa Rasulullah saw, lalu untuk apa beliau minta Sayidah Fathimah untuk mengaminkan doanya kalau bukan untuk menguatkan doa beliau supaya tak ada lagi keraguan bakal tertolak? Inilah yang menunjukkan bukti keutamaan Sayidah Fathimah as.

Selanjutnya, sebagaimana diketahui bahwa peristiwa mubahalah ini adalah peristiwa besar yang sangat penting untuk membuktikan kebenaran di antara dua agama (Islam dan Masihi) dan Rasulullah saw hanya memilih Sayidah Fathimah as untuk peristiwa besar ini mewakili nisa seperti disebutkan dalam Alquran. Itupun merupakan bukti keutamaan Sayidah Fathimah as.

Keutamaan Berdasarkan Hadis

Selanjutnya kita bisa melihat keutamaan beliau dari hadis.

Rasulullah saw bersabda “Yang terbaik di antara para wanita penduduk surga adalah Khadijah putri Khuwailid, Fathimah putri Muhammad saw, Asiyyah putri Muzahim, dan Maryam putri Imran.”

Dalam hadis ini diterangkan bahwa empat wanita terbaik penghuni surga, salah satunya adalah Sayidah Fathimah as. Hal ini menunjukkan bahwa mereka semua adalah wanita terhormat, bertakwa, suci, dan berharga, karena telah sampai pada tingkat kesempurnaan ketika di dunia sehingga mereka mendapatkan kedudukan yang tinggi di surga.

Makna Nama Fathimah

Dalam bahasa Arab makna dari kata Fathimah adalah terpisah. Lalu apa maksud dari hal ini?

Rasulullah saw bersabda, “Kenapa ia dinamai dengan Fathimah? Karena Fathimah dan para pengikutnya akan terpisah dari api neraka.”

Sungguh keutamaan yang dimiliki beliau adalah keutamaan yang luar biasa, yang selain hujjah Allah takkan ada lagi yang memiliki keutamaan itu.

Inilah sedikit uraian dari lautan keutamaan Sayidah Fathimah as. Semoga kita kelak di hari kiamat bisa mendapatkan syafaat beliau. (Sutia/Yudhi)

________________________________________
[2] Mubahalah ialah masing-masing pihak di antara orang-orang yang berbeda pendapat berdoa kepada Allah dengan bersungguh-sungguh, agar Allah menjatuhkan laknat kepada pihak yang berdusta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top