Sunday , May 31 2020
Breaking News
Kronologi Peristiwa Penyerangan Kegiatan Zikir & Do’a Asyura di Makassar

Kronologi Peristiwa Penyerangan Kegiatan Zikir & Do’a Asyura di Makassar

Ashim, aktifis peminat filsafat korban pengeroyokan

Ashim, peserta Zikir & Do’a Asyura yang menjadi korban pengeroyokan kelompok takfiri.

Pada hari kamis 14 november 2013 sekitar pukul 14.00 acara asyura yang dilaksanakan organisasi kemasyarakatan (Ormas) ABI (Ahlul Bait Indonesia) bekerjasama dengan Lembaga Studi Islam dan Ke-Indonesiaan Kab, Maros dengan tema “Dengan Semangat Asyura Kita Teladani Jiwa Kepahlawanan Bangsa dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia” bertempat di gedung  aula SMK Darussalam jl. Perintis kemerdekaan km 19 Makassar

Pukul 14.00 : Pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan (Indonesia Raya)
Pukul 14.05 : Pembacaan ayat suci Al-Quran
Pukul 14.20 : Sambutan ketua panitia
Pukul 14.30 : Sambutan Perwakilan DPRD Propinsi Sulawesi Selatan
Pukul 14.40 : Sambutan-sambutan
Pukul 16.00 wita acara Asyura selesai dilaksanakan dan peserta mulai meninggalkan lokasi.
Pukul 16.20. wita, ada rombongan massa  berkonvoi dengan kendaraan motor dan mobil berjumlah sekitar 100 orang mulai berdatangan ke lokasi kemudian masuk ke dalam kompleks SMK Darussalam sambil membawa senjata tajam seperti, parang, samurai, badik, balok serta busur/anak panah
Pukul 16.30 wita, massa yang sebagian besar ciri – cirinya
menggunakan pakaian jubah/gamis, memakai sorban, celana diatas mata kaki, membawa bendera bertuliskan la ilaha illallah berteriak allahu akbar, aliran sesat, kafir serta pada saat yang sama kemudian mengejar serta memukul dengan memakai bambu, kayu, potongan besi, skop, dan busur. Salah seorang dari massa penyerang itu diketahui bernama Abdurrahman alias Dammang, no hp 082189807181.

Penyerangan tersebut mengakibatkan kerugian/korban fisik atas nama: Hasyim umur 33 Thn, dianiaya  oleh beberapa pelaku menggunakan sekop dan balok sehingga mengakibatkan luka robek pada bagian kening kanan, mata kiri memar dan patah tulang hidung, sedangkan Saharuddin, Haris, Aco Yusran, ketiganya dipukuli dengan menggunakan benda tumpul. Mirna 15 Thn pelajar kelas 2 Jurusan TKJ SMK Darussalam, luka di telapak kaki kiri terkena busur salah seorang dari para penyerang.

Pukul 16.39 wita, pihak panitia penyelenggara menghubungi via telepon Kasat Intel Polrestabes Makassar melaporkan adanya penyerangan dari sekelompok massa sebagaimana ciri – ciri pada point 4, dan merespon dengan pernyataan bahwa akan segera menghubungi Polsek Biringkanayya yang sebelumnya oleh Panitia Penyelenggara telah diberitahukan sebelum acara dilaksanakan dan untuk itu mendapat surat izin tertulis pelaksanaan asyura.

Pukul 17.00 wita rombongan Kapolda dan Wakapolda melintas di depan Gedung Lokasi Penyerangan, kemudian massa penyerang kabur melarikan diri ke arah kota. Selanjutnya beberapa anggota kepolisian masuk ke dalam lokasi penyerangan.
Pukul 17.10 wita korban fisik akibat penyerangan mulai dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daya dengan menggunakan Mobil Aparat kepolisian.
Pukul 17. 30 wita lokasi penyerangan telah dikosongkan oleh pihak penyelenggara

Demikianlah sebagian Kronologis penyerangan yang dapat kami disampaikan. Semoga semua pihak yang memilki kepedulian atas penderitaaan, ketidakadilan, penindasan atas nama agama atau etnis dari satu golongan atas golongan yang lain, atas pertimbangan ini harapannya agar semua pihak bergandengan tangan, bahu membahu atas nama kemanusiaan dan ideologi berbangsa dan bernegara.

2 comments

  1. Selama ini selalu kelompok syiah dituding miring kuhususnya di Tanah air Indonesia ini. Sekiranya Anda berkenan saya ingin tahu lebih dalam tentang syiah dari orang syiah sendiri. Mohon apabila berkenan Anda kirimkan kepada saya buku2. brosur2, atau sofcopy tentang hakikat syiah yang sebenarnya ke alamat saya: a.n. Novi kurniawan d/a Jl. Imam Bonjol Atas No. 1 Kota Batu Jawa Timur.
    Demikian mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.

    Wassalam…

    • ahlulbait author

      salam.
      terimakasih atas sikap antum yg objektif. kami sangat mengapresiasinya. nanti sy hubungi lewat email. : )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top