Tuesday , December 18 2018
Breaking News
Makanan Kesukaan dan Adab Makan Nabi Muhammad Saw

Makanan Kesukaan dan Adab Makan Nabi Muhammad Saw

Berdasarkan sumber referensi hadis dari kalangan Sunni dan Syiah, peneliti Husain Sayidi menuliskan tentang makanan kesukaan dan cara makan Nabi Muhammad Saw yang kami kutip dari buku “MUHAMMAD, The Untold Stories.”  Aisyah berkata, “Perut Rasulullah saw tidak pernah dalam keadaan kenyang.” Maksudnya, perut beliau tidak pernah penuh dengan makanan. Nabi saw tidak seperti kebanyakan orang yang duduk menghadap beragam makanan dan memenuhi perut mereka dengannya, sehingga memberatkan lambung, merusak tubuh, membawa kantuk, melenyapkan semangat ibadah, dan seterusnya …”[1]

Adab Makan

Saat menyantap daging, Rasul saw tidak menundukkan kepalanya. Beliau mengangkat daging dan memisahkannya dari tulang dengan gigi.”[2] Beliau menggunakan kedua tangannya saat makan. [3]

Suatu hari, beliau makan kurma dengan tangan kanan dan memegang biji-bijinya di tangan kiri. Melihat seekor kambing berada di dekatnya, beliau mengulurkan biji kurma itu ke arahnya. Beliau lalu makan kurma dengan tangan kanan dan kambing itu memakan biji yang ada di tangan kiri beliau. [4]

Baca juga Ciri-ciri Fisik Nabi Muhammad Saw

Beliau bersabda, “Copot sepatu kalian saat makan, karena itu akan mengenakkan kaki kalian. [5]

Nabi saw menggunakan tiga jarinya ketika makan dengan tangan. Ini membuat suapannya lebih kecil dan mudah dicerna. Dari sisi lain, cara itu menghindarkannya dari makan dengan serakah.

Sebagaimana dikenal, Nabi saw mengimbau untuk mengundang makan para kerabat, orang-orang saleh, dan orang-orang miskin.

Sebelum makan, beliau selalu mencuci tangan atau berwudu. Nabi saw berkata, “Berkah makanan terletak pada wudu (mencuci tangan) sebelum dan sesudah makan.” [6]

Demi menghindari sikap jumawa, beliau makan di atas tanah. Ketika makan, beliau tidak bersandar pada apa pun. Nabi saw bersabda, ‘Aku tak pernah makan sambil bersandar.”

Jika karena suatu sebab tidak ingin menyantap sebuah makanan, beliau tidak mencari-cari kekurangannya. Sebisa mungkin, beliau tidak makan sendirian. Beliau bersabda, “Makan bersama akan mendatangkan berkah.”

Nabi saw memulai makan dengan menyebut nama Allah dan mengakhiri dengan memuji-Nya. Beliau tak pernah terlihat (makan begitu banyak hingga) bersendawa.“  [7]

Ketika makan, beliau selalu mengambil dari makanan yang ada di hadapannya. [8] Tapi saat menyantap kurma, beliau mengambilnya dari wadah-wadah yang berbeda. [9]

Beliau tidak pernah meniup makanan dan minumannya. [10] Belak iau sering berkata “Kami adalah kaum yang tidak makan kecuali setelah merasa lapar. Dan Jika kami tak pernah kekenyangan.”

Ketika makan bersama orang lain, beliau orang pertama yang memulai dan (supaya teman makannya tidak malu) dan orang terakhir yang berhenti makan. [11]

Beliau berpesan, “Jangan matikan hati kalian dengan banyak makan dan minum. Hati seperti ladang yang akan mati jika terlalu banyak diairi.” [12]

Beliau makan malam usai salat Isya. Beliau bersabda, “Jangan tinggalkan makan malam. Jika tidak, badan akan sakit.” [13]

Hidangan yang paling disukai beliau adalah makanan yang dikelilingi banyak orang saat perjamuan. [14]

Nabi saw tidak pernah menyantap makanan panas. Sabda beliau, “Tak ada berkah dalam makanan panas. Allah tidak akan memberi kita makan dengan api. Maka, biarkan sampai makanan dingin.” Beliau mengambil makanan yang ada di hadapannya menggunakan tiga jari dan kadang empat jari saat menyantapnya. Nabi saw tidak pernah
makan dengan dua jari; dan mengatakan, “Ini adalah cara makan setan.”

Bila diundang makan, beliau mendoakan tuan rumah dan menyuruh orang Iain untuk mengungkapkan rasa terima kasih. Beliau selalu menutupi wadah makanan dan menganjurkan agar orang lain melakukan hal serupa. [15]

Usai makan, beliau selalu mencuci tangan, dan tak lupa mengingatkan risiko tidak mencuci tangan yang digunakan untuk makan. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang tidur dengan tangan berlemak tanpa dicuci dan ditimpa sesuatu yang buruk, maka ia harus menyalahkan dirinya sendiri.” [16]

Beliau tidak pernah pergi berburu. Tapi beliau suka jika ada yang membawakannya binatang hasil buruan. Beliau juga menyantap daging hasil buruan. [17] Beliau makan roti dan minyak (samin). Bagian dari kambing yang beliau gemari adalah paha dan pundaknya. [18]

Beliau menyukai labu kuning, cuka, dan kurma ‘ajwah’ ( kurma yang melekat satu sama lain dan termasuk jenis yang berkulitas]

Sayuran yang beliau sukai adalah kemangi, andewi, dan sayur mayur lunak.

Beliau tidak memakan tujuh bagian dari kambing: pelir, buah pelir, kantung kencing, kantung empedu, kelenjar, kemaluan (betina), dan darah.

Suatu kali, Utsman bin Affan membawa faludah untuk Rasulullah saw. Beliau menyantapnya dan bertanya, “Makanan apa ini?” Utsman menjawab, “Semoga ayah dan ibuku jadi tebusanmu! Kami menuang madu dan minyak ke dalam panci, lalu memasaknya di atas api hingga mendidih. Kemudian kami mencampurnya dengan gandum giling sampai matang.” Beliau bersabda, “Ini makanan yang suci.” Nabi saw sering menyantap roti gandum yang masih menyisakan kulitnya.[19]

Kebanyakan makanan beliau terdiri dari air dan kurma. Nabi saw lebih menggemari daging dibanding makanan lain. Beliau berkata, “Daging mempertajam pendengaran dan penghulu makanan di dunia dan akhirat.” Dan juga pernah berkata, “Andai aku memohon kepada Allah untuk memberiku daging tiap hari, niscaya itu akan terlaksana.”

Beliau selalu menyantap daging dengan roti yang dihancurkan dan labu. Beliau bersabda kepada Aisyah, ‘Wahai Aisyah, tiap kali hendak mengisi panci, isilah dengan banyak labu, karena itu akan menggembirakan hati yang sedih.” [20]

Beliau menyantap makanan dalam mangkuk berukuran sedang.

Nabi saw sangat menghargai roti. Tiap kali roti telah dihidangkan, beliau menyuruh orang-orang untuk segera makan dan tidak menunggu hidangan lain. [21] Melakukan hal-hal seperti tidak mencabik-cabik roti, dan tidak menendangnya disebut beliau sebagai penghormatan terhadap roti.

Beliau banyak memuji kurma dan susu. Keduanya disebut beliau sebagai dua (makanan) suci.” [22]

Nabi saw melarang makan daging secara berlebihan. [23] Beliau juga mengkonsumsi kebab [24] menyantap keju dengan cara memotong-motongnya terlebih dahulu [25] dan gemar mengkonsumsi manisan dan madu.

Nabi saw tidak menyantap makanan yang mengandung bawang putih demi menghindari baunya. Beliau memberikannya kepada orang lain untuk dimakan mereka [26] (sebab mereka tidak banyak berurusan dengan muslim dan nonmuslim seperti beliau, sehingga bau bawang dari mereka tidak terlalu mengganggu).

Saat makan kurma, beliau berhati-hati agar tidak memakan kurma yang berulat.[27] Beliau juga menyantap kurma dengan semangka putih. Beliau berkata, “Kami menetralisir panasnya (kurma) ini dengan dinginnya (semangka) ini.” [28]

Nabi saw juga gemar mengkonsumsi krim susu beserta kurma,  memakan kismis yang telah direndam dalam air
dan meminum perasan kismis sebelum berfermentasi menjadi arak. [29]

Beliau menyantap semua jenis makanan halal. [30] Kadang-kadang beliau makan anggur satu per satu, dan di saat lain (jarang sekali) menaruh seikat anggur langsung di mulutnya. [31]

Nabi saw selalu menunggu makanan panas menjadi dingin, baru menyantapnya. Beliau bersabda, “Allah tidak memberi api untuk kita makan. Makanan panas tidak memiliki berkah. Jadi, tunggulah sampai dingin terlebih dahulu.” [32]

Nabi saw sering berdoa, “Ya Allah, muliakan roti bagi kami dan jangan pisahkan kami dengannya. Jika tak ada roti, kami tak bisa salat, berpuasa, dan menunaikan kewajiban kewajiban kami.” [33]

Beliau banyak memuji kurma dan berkata, “Keluarga yang memiliki kurma, tidak akan kelaparan. [34]

Nabi saw bersabda, “Ketika wanita melahirkan anak, sesuatu yang harus ia makan pertama kali adalah kurma segar. Jika tak ada kurma segar, maka kurma (biasa). Andai ada makanan lain yang lebih baik dari kurma, niscaya Allah akan memberikannya kepada Maryam as setelah melahirkan Isa as.” [35]

Beliau menyebut madu sebagai salah satu dari dua penyembuh yang diciptakan Allah, dan bersabda, “Tak ada obat yang lebih manjur dari madu.” [36]

Menurut beliau, orang mukmin adalah orang yang menyantap makanan kegemaran keluarganya. Sedangkan orang munafik adalah yang memaksa keluarganya menyantap makanan kegemarannya. [37]

Beliau amat menyukai daging, dan pernah berkata, “Kami, para nabi, sangat gemar makan daging.”[38]

Nabi saw kerap bersabda, “Jibril menemuiku dan menyuruhku makan halim agar pinggangku kuat dan mampu banyak beribadah.” [39]

Barangsiapa yang ingin memiliki daya ingat kuat, maka ia harus mengkonsumsi madu. [40] Beliau juga mengimbau orang lain untuk makan adas. [41]

Kadang-kadang Nabi saw menyantap daging asin kering tanpa roti dan terkadang dengan roti. [42] Beliau menggemari kemangi gunung dan sayuran lunak.

Nabi saw memberi peringatan kepada orang-orang yang gemar makan, dengan bersabda, “Wadah paling buruk yang diisi manusia adalah perutnya sendiri. Manusia cukup makan hanya untuk (memenuhi kebutuhan jasmani) dan memperkuat tubuhnya.” [43]

Catatan kaki
  1. Al-Mawahib aI-Laduniyah 2/118
  2. Bihar aI-Anwar 16/245.
  3. Mustadrak aI Wasail 9/7.
  4. Bihar aI-Anwar 16/244.
  5. Jami ‘ aI-Shaghir 1/76; Sunan aI-Nabi/181.
  6. Bihar al-Anwar 63/357; Da‘aim aI-Islam 2/121; aI-Mahasin 2/425.
  7. Tsawab aI-A ‘mal/79; Ushul aI-Kafi
  8. Hilyah aI-Abrar 1/286; Man La Yahdhuruhu aI-Faqih 2/81.
  9. Jami aI-Shaghir 2/311; Kanz al‘Ummal 7/103.
  10. Ibid.
  11. Jami‘ aI-Shaghir 2/365.
  12. Bihar al-Anwar 16/237; Sunan aI-Nabi/120; Makarim al-Akhlaq 1/61.
  13. Bihar aI-Anwar 67/71; Raudhah al-Wa ‘idhin/45 7; Misykat al~ Anwar/162; Makarim al-Akhlaq 1/320.
  14. Sunan aI-Nabi/217.
  15. Biharal-Anwar16/387; Dalail an-Imamah/11.
  16. Sunan Abu Dawud 2/195; Sahih Ibnu Habban 4/89; Sahih Ibnu Khuzaimah 1/68; Mawarid al-Dham ’.an/327
  17. Sunan Abu Dawud 2/218; Sunan Turmudzi 3/191; aI-Mustadrak 4/137; Musnad Ahmad bin Hanbal 2/263.
  18. Sunan aI-Nabi/220.
  19. Ibid.
  20. Bihar aI-Anwar 14/70; Sahih Bukhari 6/204.
  21. Bihar al-Anwar 63/228; Faidh al-Qadir 5/263; aI-Mahasin 2/521. 198. Ushul aI-Kafi 6/303.
  22. Jami‘ al-Shaghir 2/380; Kanz al-‘Ummal 7/109; al-Mustadrak 4/106.
  23. Tadzkirah al-Maudhu‘at/145; Kanz al-‘Ummal 15/282.
  24. Syarh Ma ‘ani aI-Atsar 1/66.
  25. Sunan Abu Dawud 2/212.
  26. Sunan Turmudzi 3/169; Musnad Ahmad bin Hanbal 5/95.
  27. Sunan Abu Dawud 2/214.
  28. Tuhfah aI-Ahwadzi 5/467; Sunan Abu Dawud 2/215; Fath aI-Bari 9/471.
  29. Jami‘ aI-Shaghir 2/374; Sunan Abu Dawud 2/215; Fath 0130” 9/458; Kanz aI‘Ummal 7/109.
  30. Sahih Ibnu Habban 12/204; Sahih Muslim 6/102.
  31. Musnad Ahmad bin Hanbal 4/100.
  32. Bihar aI-Anwar 16/244; Makarim aI-Akhlaq 1/29.
  33. Bihar aI-Anwar 63/410.
  34. Ushul al-Kafi 5/73; al-Mahasin 2/586.
  35. Jami‘ al-Shaghir 2/755; Sunan Darami 2/104; Sahih Muslim 6/123. Kanz al‘Ummal 12/339.
  36. Bihar aI-Anwar 59/296; Tadzkirah al-Maudhu ‘at/152.
  37. Jami ‘ al-Shaghir 2/499; Kanz aI‘Ummal 10/20.
  38. Bihar al-Anwar 59/291; Mustadrak aI-Wasail 1 6/331.
  39. Makarim aI-Akhlaq 1/344. 217. Bihar al-Anwar 63/86; aI-Mahasin 2/404; Makarim aI-Akhlm 1/353.
  40. Bihar al-Anwar 59/295; Makarim aI-Akhlaq 1/358.
  41. Bihar al-Anwar 16/249; Makarim al-Akhlaq 1/84.
  42. Bihar aI-Anwar 16/245; Makarim al-Akhlaq 1/73.
  43. Bihar aI-Anwar 63/33; Sunan Turmudzi 4/18; aI-Mustadrak 4/33.‘ Musnad Ahmad bin Hanbal 4/132

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top