Sunday , March 29 2020
Breaking News
Makna Gelar ‘Muhaddatsah’ untuk Sayidah Fatimah as

Makna Gelar ‘Muhaddatsah’ untuk Sayidah Fatimah as

Muhaddatsah artinya, orang yang malaikat berbicara dengannya. Para malaikat dapat berbicara dengan selain para nabi atau rasul. Sementara orang-orang selain para nabi dan rasul, dapat mendengar suara dan melihat para malaikat. Sebagaimana disebutkan dalam al-Quran bahwa Allah Swt telah menjelaskan bahwasanya Maryam bin Imran as (bunda Maria) telah melihat malaikat dan berbicara dengannya. Hal ini telah disinyalir dalam surah al-Imran ayat ke-42, “Dan (Ingatlah) ketika malaikat (Jibril) berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).”

Baca juga Biografi Singkat Sayidah Fatimah az-Zahra sa

Dalam sebuah riwayat, Imam Shadiq as berkata, “Fathimah dijuluki muhaddatsah karena para malaikat selalu turun kepadanya, sebagaimana mereka memanggil Maryam as, berbicara dengannya, dan mereka mengatakan: ‘Wahai Fathimah, sesungguhnya Allah Swt telah memilihmu, mensucikanmu, dan memilihmu atas perempuan seluruh alam.’ Para malaikat pun menyampaikan kepada Fathimah Zahra as tentang hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang, raja-raja yang akan berkuasa, dan hukum-hukum Allah Swt. Fathimah Zahra as meminta kepada Imam Ali as untuk menuliskan semua perkara yang telah disampaikan para malaikat kepadanya. Serta jadilah kumpulan tulisan tersebut dinamakan dengan mushaf Fathimah.” (Bihar al-Anwar, jil. 43)

Baca juga 8 Keutamaan Nama Agung Fathimah

Imam Shadiq as berkata kepada Abu Bashir, “Mushaf Fathimah berada pada kami. Dan tiada yang mengetahui tentang isi mushaf tersebut. Mushaf tersebut berisikan hal-hal yang telah diwahyukan Allah Swt kepada ibu kami, Fathimah Zahra as.” (Bihar al-Anwar jil. 43)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top