Saturday , November 16 2019
Breaking News
Mau Menjadi Pengurus ABI? (sebuah renungan)

Mau Menjadi Pengurus ABI? (sebuah renungan)

Syarat Penting Sebelum Menjadi Pengurus

1. MAMPU

Seorang Pengurus (Kader) adalah seorang yang mempunyai KEMAMPUAN yang diibaratkan sebagai pejuang tangguh yang selalu memiliki target dalam setiap aktifitasnya. Terkadang juga sebagai Subyek yang bertugas mewujudkan visi-misi dan tujuan organisasi.

3 Kemampuan Dasar yang harus dimiliki Seorang pengurus

  1. Pandangan Dunia
    Pandangan Manusia terhadap alam yang menghasilkan sebuah ideologi kemudian melahirkan doktrin lahiriyah dan batiniyah yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari . Singkat kata memiliki pemahaman konsep Aqidah (Keimanan) & Amaliyah (Fiqih & Akhlaq) yang dibutuhkan.
  2. Keahlian / Ilmu Terapan
    Memiliki pengetahuan dalam pengelolaan organisasi , semisal pengetahuan tentang manajemen organisasi, administrasi dan memiliki jiwa kepemimpinan.
  3. Komitmen
    Kemauan Bekerja dalam Melaksanakan Tugas.

2. WAKTU

Seringkali pengurus mempunyai pengalaman dan kemampuan dalam mengelola organisasi, akan tetapi pada kenyataannya sering terjadi tidak dapat menyeimbangkan waktu yang ia miliki. Konsentrasinya banyak terpecah dibanyak persoalan mulai dari keluarga, pekerjaan, keidupan sosial dan lain sebagainya. Di mana masalah kebutuhan pokok hidup menjadi taruhan hingga dengan terpaksa menanggalkan keterlibatan dirinya dalam kegiatan Organisasi.

Hambatan lain adalah abainya para pengurus (kader) membekali pengetahuan tentang manajemen waktu. Dengan menata waktu (perencanaan) secara baik tentunya akan menemukan keseimbangan, kemudahan dan akan meningkatkan produktifitas dalam segala aspek aktifitas hidup.

3. MAU (Komitmen)

Tidaklah cukup bagi seorang pemgurus memiliki kemampuan dan ketersedian waktu yang cukup tanpa memiliki kemauan untuk melaksanakan sebuah pekerjaan / tugas.

Kemauan dalam bekerja sebagai bentuk tanggung jawab yang dengannya akan melahirkan; Productivity / hasil capaian, dan Kepercayaan Anggota / Masyarakat.

 

Sayid Ahmad Buftem (Sekum DPW ABI Kalimantan Timur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top