Sunday , June 7 2020
Breaking News
Memperingati Milad Imam Mahdi afs, DPW ABI Sumsel dan DPD ABI Kab Probolinggo Giat Sosial Pencegahan Covid-19

Memperingati Milad Imam Mahdi afs, DPW ABI Sumsel dan DPD ABI Kab Probolinggo Giat Sosial Pencegahan Covid-19

15 Syakban adalah hari kelahiran Imam Muhammad al-Mahdi afs, di hari tersebut sebagian muslimin di seluruh dunia memperingatinya dengan penuh kegembiraan. Pada hari yang mulia tersebut DPW ABI Sumatera Selatan dan DPD ABI Kab Probolinggo melakukan kegiatan sosial berupa pembagian masker gratis untuk mencegah penyebaran Covid-19.

DPW ABI Provinsi Sumsel menyelenggarakan kegiatan sosial yang diberi judul “Palembang Melawan Corona”. Penggalangan dana sudah dilakukan sejak tanggal 2 April 2020 untuk kemudian disalurkan pada hari wiladah Shahibul ‘Asri Waz-Zaman Al-Imam Mahdi afs, tanggal 15 Sya’ban 1441 H yang bertepatan dengan hari ini, Kamis, 9 April 2020.

Menurut Ketua DPW ABI Provinsi Sumatera Selatan, Sayyid Muhajir Al-Habsyi, Kegiatan sosial ini bertujuan untuk khidmat kepada masyarakat di Kota Palembang yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan dalam “Melawan Corona” dalam bentuk penyaluran bantuan-bantuan yang dapat meminimalisir penyebaran virus corona, baik bagi tenaga medis / paramedis pada khususnya, maupun bagi masyarakat di Kota Palembang pada umumnya.

Kegiatan sosial “Palembang Melawan Corona” dilakukan dalam 3 bentuk kegiatan, yaitu penyaluran APD bagi tenaga medis / paramedis, penyaluran APD bagi pekerja di jalan, dan penyemprotan desinfektan di lingkungan sekitar Husainiyah Al-Mahdi Palembang.

Penyaluran APD bagi tenaga medis / paramedis dilakukan pada pukul 11.30 WIB di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang. APD ini diberikan kepada pihak PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) Cabang Sumatera Selatan di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang yang langsung diterima oleh dr. Zen Ahmad, Sp.PD,KP selaku Ketua PAPDI Cabang Sumatera Selatan dan Ketua Tim Penyakit Emerging di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang.

Penyerahan APD secara simbolis dari Sayyid Muhajir Al-Habsyi (Ketua DPW ABI Sumsel) kepada dr. Zen Ahmad, Sp.PD,KP, Ketua PAPDI Cabang Sumatera Selatan dan Ketua Tim Penyakit Emerging di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang.

Penyerahan APD secara simbolis dari Husin Askari, Ketua Yayasan Kumayl Palembang kepada dr. Hj. Yenny Dian Andayani, Sp.PD(K), Dokter Penyakit Dalam di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang

Penyerahan APD secara simbolis dari Ahmad Farisi, Sekretaris DPW ABI Provinsi Sumatera Selatan kepada dr. Yulianto Kusnadi, Sp.PD-KEMD, Dokter Penyakit Dalam di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang

Adapun APD yang diberikan kepada pihak PAPDI di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang ini berupa baju APD atau yang biasa disebut dengan Hazmat (Hazardous Material) Suit sebanyak 200 pcs dan sarung tangan medis (surgical gloves) sebanyak 4 box.

“Kami berterimakasih kepada DPW ABI Provinsi Sumatera Selatan atas bantuan Hazmat dan Sarung Tangan ini karena terus terang ini sangat dibutuhkan saat ini. Hazmat ini juga nanti akan kami salurkan tidak hanya di RSUP Dr. Moh. Hoesin Palembang saja, tapi juga akan kami sebar ke Rumah Sakit lainnya di Provinsi Sumatera Selatan ini”, kata dr. Zen Ahmad, Sp.PD,KP

Kegiatan sosial lainnya yang dilakukan pada hari yang sama adalah penyaluran APD bagi pekerja di jalan seperti ojek online, tukang becak, dan penjual makanan yang membawa gerobak. Para pekerja di jalan ini menjadi target penyaluran APD karena pekerjaan mereka yang mengharuskan mereka untuk berinteraksi aktif dengan para pelanggannya, sehingga bantuan ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran virus Covid 19 yang sedang mewabah ini.

Penyerahan Hand Sanitizer dari Para Pengurus DPW ABI Provinsi Sumatera Selatan dan Yayasan Kumayl Palembang kepada Ojek Online, Tukang Becak, dan Penjual Makanan yang menggunakan gerobak di wilayah sekitar Kota Palembang

APD yang disalurkan kepada para pekerja di jalan ini berupa 200 pcs Hand Sanitizer. Sementara sebanyak 2000 pcs masker kain standar akan disalurkan pada hari lainnya. Ungkapan terimakasih disampaikan dari para pekerja di jalan tersebut. Ungkapan terima kasih silih berganti datang dari para pekerja di jalan tersebut.

DPW ABI Provinsi Sumatera Selatan juga menyelenggarakan penyemprotan desinfektan yang ditujukan kepada rumah-rumah di sekitar Husainiyah Al-Mahdi yang menjadi sekretariat DPW dan pusat kegiatan Ahlulbait di Kota Palembang. Penyemprotan desinfektan ini disambut positif oleh warga dan Ketua RT. 6 dan RT. 7 di Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni, Palembang.

Di sela-sela berlangsungnya penyemprotan desinfektan, salah satu pengurus yaitu Sayyid Bagir Al-Habsyi melakukan edukasi terhadap warga tentang bagaimana pentingnya mengikuti anjuran pihak kesehatan, seperti pentingnya mencuci tangan dengan sabun, pentingnya tinggal di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak, penggunaan masker kain sebagai pengganti masker medis yang sulit didapatkan, dan lain-lain yang mendapatkan respon positif dari warga.

“Kami seluruh wargo RT. 6 dan RT. 7 meraso terbantu dan kami ucapken banyak banyak nian terimo kasih, semoga amal dari kebaikan Bapak dibalas berlipet lipet oleh Allah dan diganti rezeki yang luas”, kata Pak Alimin, Ketua RT dari RT 6 yang berlokasi dekat Husainiyah Al-Mahdi Palembang. Bersama Ketua RT, beberapa warga juga menyampaikan, “Terimokasih … kalo Husainiyah ado perlu apo-apo tolong kasih tau biar kami biso bantu”. Warga RT. 6 dan RT. 7 silih berganti menyampaikan ucapan terimakasihnya dan menyatakan harapan semoga lebih banyak lagi kegiatan sosial yang langsung bersentuhan dengan mereka selaku masyarakat tetangga di sekitar Husainiyah.

Penyemprotan desinfektan yang berlangsung tadi dilakukan kepada sebanyak 400 rumah warga RT. 6 dan RT. 7 dan berlangsung mulai pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Salah satu petugas penyemprot, Akhina Hendri mengatakan, “Semoga khidmat ini menjadi sedikit usaha dalam penantian dzuhurnya Al-Imam Zaman afs”.

Di waktu yang sama DPD ABI Kab.Probolinggo juga kembali membagikan Masker Gratis kepada Masyarakat Kabupaten Probolinggo. Kegiatan sosial dilakukan dengan membagikan masker di 7 pasar, 3 Cek Poin Di perbatasan Kab Probolinggo, 5 lembaga Ahlulbait yang ada di Kab Probolinggo dan do 2 masjid.

“Semoga Sedikit yang kami bisa lakukan ini dapat membantu Program Pemerintah dalam pencegahan penularan Virus Covid-19 utamanya di Kab.Probolinggo. Pada kesempatan ini Kami membagikan 6.500 Masker yang kita produksi sendiri secara swadaya  dari Anggota ABI,” tutur Esan Tesnan selaku Ketua DPD ABI Kabupaten Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top