Tuesday , November 12 2019
Breaking News
Mengenang Pesan Penting (Alm) Ustaz Husein Al Habsy Tentang Persatuan Umat

Mengenang Pesan Penting (Alm) Ustaz Husein Al Habsy Tentang Persatuan Umat

“Kita mendapatkan berkah amalan-amalan beliau yang mendekatkan diri kepada Allah swt. dan mengenang apa yang selalu beliau dengungkan di setiap mimbar.”

Itulah dua hal yang disampaikan Ustaz Syarif Hidayatullah Al Habsy dalam sambutannya mewakili pihak keluarga dan panitia dalam acara Haul (alm) Ustaz Husein Al Habsy di Masjid Ats-Tsaqalain, Pondok Pesantren YAPI Putra, Kenep, Beji, Bangil (14/6).

Lebih lanjut Ustaz Syarif mengatakan bahwa dalam setiap dakwahnya sebagai seorang tokoh aktivis pergerakan Islam, yang disampaikan almarhum tidak lain kecuali penekanan tentang pentingnya menjaga persatuan umat, hingga lahirlah buku karya beliau yang berjudul Ukhuwah Islamiyah.

“Perbedaan bukanlah musuh para dai. Musuh para dai adalah kezaliman,” terang Ustaz Syarif terkait perbedaan yang seringkali menjadi sumber perpecahan.

Padahal adanya perbedaan menurut Ustaz Syarif justru bertujuan untuk menggali banyaknya ilmu yang tersimpan di dalam setiap perbedaan tersebut. Karena perbedaan merupakan hal alami yang harus terjadi, maka kita harus memaklumi adanya perbedaan.

“Bukan memaksa orang  lain menjadi seperti apa yang kita inginkan,” tegasnya.

Begitupun halnya dengan metode dakwah, hanyalah sebatas menyajikan suatu kebenaran. Soal apakah kebenaran itu diterima atau tidak, bukan lagi urusan si penyampai dakwah.

“Mau saya dituduh ataupun tidak, yang penting saya telah berbuat,” ujar Ustaz Syarif, saat mengutip pernyataan Ustaz Husein Al Habsy dalam bukunya yang berjudul Ukhuwah Islamiyah.

Acara haul Ustaz Husein Al Habsyi, ulama teladan pemersatu umat yang diadakan setiap tahun tersebut, seperti biasa selalu ramai dihadiri oleh para wali santri, alumni pesantren YAPI dan sejumlah tokoh masyarakat dari kota Bangil dan sekitarnya. (Ja’far/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top