Friday , September 20 2019
Breaking News
Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin Di Ruang Publik

Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin Di Ruang Publik

International Conference of Islamic Scholars (ICIS) ke-4 yang dilaksanakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pada hari kedua (24/11) kembali menghadirkan para ulama dan cendekiawan Islam baik Nasional maupun Internasional untuk kembali mengupas tentang Islam rahmatan lil ‘alamin.

Dr. Ahmad Abdo Ahmad dari Lebanon, mengatakan bahwa kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dibendung atau diabaikan. Namun umat Islam harus tetap mampu mengendalikan akhlak yang sesuai dengan garis ajaran Islam. Menurutnya, dalam hal inilah Islam rahmatan lil ‘alamin diuji.

“Itulah kewajiban bagi kita semua untuk mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin di ruang publik,” terang Ahmad.

Sementara itu Taufiq Ramadhan al Bouthi dari Suriah mengatakan bahwa ulama dan cendekiawan Islam memiliki tanggung jawab menyelamatkan umat dari kemunduran dengan cara mendidik umat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dengannya umat Islam meraih kemajuan.

Saat ini dirasakan ada kekeringan budaya dari Islam. Karenanya dari pertemuan ini diharapkan ke depan ada upaya lebih serius dalam mewujudkan nilai-nilai transenden Islam ke dalam perilaku umat di ruang publik.

Tantangan besar inilah yang berusaha dijawab para ulama dan cendekiawan Islam dalam Konferensi Internasional tersebut. (Lutfi/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top