Saturday , June 6 2020
Breaking News
Optimisme Semu Koalisi Parpol Islam?

Optimisme Semu Koalisi Parpol Islam?

Pertemuan antar partai politik Islam yang digagas Forum Koalisi Politik Islam di rumah Hasyim Ning, Cikini, Kamis (17/4) kemarin tidak berlangsung sesuai harapan. Hanya tiga orang yang hadir dari sepuluh tokoh parpol Islam yang diundang. Amien Rais dari PAN, Anis Matta dari PKS, dan Emron Pangkapi dari PPP.

Sementara tokoh-tokoh lain seperti Din Syamsuddin, Hatta Rajasa, Muhaimin Iskandar, Yusril Ihza Mahendra, Jusuf Kalla, dan Mahfudz MD yang tercantum dalam undangan tidak tampak hadir dalam acara itu.

Meski demikian, Bachtiar Nasir dalam konferensi persnya berulangkali mengklaim optimis koalisi ini akan berjalan.

Padahal Amin Rais saat kami wawancarai mengatakan bahwa koalisi partai Islam itu terlalu kecil. “Koalisi partai Islam itu terlalu kecil. Saya usulkan Koalisi Indonesia Raya. Bareng sama nasionalis,” ujarnya.

Sedangkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta, yang belum lama ini mengeluh karena partainya tidak diajak berkoalisi oleh partai-partai lain menyebutkan bahwa mereka belum memutuskan apakah akan ikut koalisi yang diinisiasi Bachtiar ini atau tidak. “Saya sedang menyerap aspirasi. Menyamakan persepsi. Saya akan bawa aspirasi ini ke Majelis Syuro PKS,” ujar Anis.

Artinya, meskipun tiga petinggi PKS, Hidayat Nur Wahid, Faisal Bachri, dan dirinya hadir saat itu, sampai akhir acara Anis tidak memberikan kepastian soal keikutsertaan partai mereka dalam koalisi yang akan dibentuk dan digagas Bachtiar.

Bertolak belakang dengan klaim optimisme Bachtiar Nasir selaku salah seorang inisiator acara, ketidak hadiran sebagian besar tokoh yang diundang itu tampak menandakan hal sebaliknya.

Tambahan lagi, tindak lanjut pertemuan Cikini yang dijanjikan Bachtiar akan berlangsung pukul sepuluh Jumat (18/4) pagi di gedung Majelis Ulama Indonesia Pusat, Menteng, Jakarta Pusat pun ternyata tak terbukti. Dari pantauan ABI Press, hingga pukul 14.20 siang ini, kantor MUI masih terlihat sepi.

Kalau sudah begini, masihkah optimisme koalisi parpol Islam ini mampu bertahan? (Muhammad/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top