Sunday , April 5 2020
Breaking News
Pandangan Ormas ABI atas Ragam Agama dan Mazhab di Indonesia

Pandangan Ormas ABI atas Ragam Agama dan Mazhab di Indonesia

 

Agama adalah ajaran yang diklaim berasal dari Tuhan, sistem yang mengatur taca keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan antara sesama manusia, antara manusia dengan makhluk lain serta lingkungannya.

Berdasarkan sumbernya, terdapat dua kategori agama; a) agama Samawi (agama Langit), agama yang diperoleh melalui wahyu llahi antara lain Islam Kristen dan Yahudi, dan b) agama Wad’i (agama Bumi) yang juga sering disebut sebagai agama budaya yang diperoleh melalui kekuatan pikiran atau akal budi manusia antara lain Hindu, Buddha, Tao, Khonghucu dan berbagai aliran keagamaan atau kepercayaan lainnya.

  • Agama Islam adalah ajaran yang terdiri atas tiga pilar; 1) Ketuhanan 2) Kenabian 3) Kebangkitan, dengan seluruh keyakinan turunan di dalamnya.
  • ABI meyakini bahwa agama-agama yang diakui di Indonesia adalah bagian dari khazanah bangsa yang harus dihormati.
  • Mazhab adalah metode atau aliran yang dipilih untuk menafsirkan ajaran agama dan mengamalkannya.
  • Mazhab Islam adalah metode dan aliran yang dipilih oleh kaum Muslimin untuk menafsirkan ajaran agama Islam dan cara mengamalkannya berdasarkan pada sumber aslinya.
  • ABI meyakini, bahwa mazhab-mazhab yang berdiri di atas tiga pilar agama Islam tersebut di atas adalah bagian dari Islam.
  • ABI meyakini, bahwa penganut mazhab yang tidak meyakini tiga pilar tersebut tetap harus dihormati haknya sebagai warga negara.

Manifesto ABI, Bab Paradigma, hal. 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top