Saturday , June 6 2020
Breaking News
Pandangan Ormas ABI Terhadap Umat Islam Indonesia, Ormas, dan Partai Politik

Pandangan Ormas ABI Terhadap Umat Islam Indonesia, Ormas, dan Partai Politik

 

Umat Islam Indonesia

Umat Islam Indonesia adalah komponen terbesar bangsa yang memainkan peran utama dalam perjuangan mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan serta menjaga kesinambungan pembangunan bangsa dan negara.

ABI memandang bahwa istilah umat Islam berlaku bagi seluruh penganut ajaran Islam tanpa diskriminasi dan percaya bahwa tidak ada satu kelompok atau organisasi manapun dalam Islam yang berhak mengklaim untuk mengatasnamakan seluruh umat Islam.

Organisasi Kemasyarakatan dan Partai Politik

Organisasi Kemasyarakatan adalah perkumpulan beranggotakan orang-orang yang mempunyai kesamaan dalam hal keyakinan,tujuan atau profesi, dan lain-lain.

  • Partai Politik adalah perkumpulan yang didirikan untuk meraih kekuasaan dan mempertahankannya dengan landasan ideologi politik tertentu.
  • ABI meyakini bahwa setiap warga negara berhak untuk berserikat dalam wadah organisasi massa atau partai politik selama tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 serta Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
  • ABI menolak setiap ormas dan partai politik (berlabel Islam atau tidak) yang intoleran, anti kebinekaan, anti NKRI, dan anti Pancasila.

Manifesto ABI, Bab Paradigma, hal, 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top