Tuesday , January 28 2020
Breaking News
Pandangan Ormas Ahlulbait Indonesia tentang Kebangsaan dan Keumatan

Pandangan Ormas Ahlulbait Indonesia tentang Kebangsaan dan Keumatan

Dalam bahasa Arab, terdapat dua kata yang terlihat mirip, yaitu ummah (umat) dan sya’b (bangsa) yang perlu dibedakan karena mengandung muatan yang berbeda.

Sya’b (bangsa) adalah sekumpulan manusia yang memiliki kepentingan bersama untuk mempertahankan kesamaan dalam sebuah sistem (kenegaraan) yang disepakati seraya menghargai keragaman etnis, budaya dan bahasa di dalamnya; seperti bangsa lndonesia, bangsa Yaman, bangsa Cina dan lain-lain.

Sedangkan kata ummah secara etimologis dan semantik seakar dengan kata imam. pemimpin keagamaan. Jadi umat adalah sekumpulan manusia yang mengikuti imam yang diikat oleh satu keyakinan tanpa mempertimbangkan perbedaan kebangsaan, ras, daerah dan lainnya; seperti umat Islam, umat Kristiani, Umat Hindu dan lain-lain.

  • ABI meyakini bahwa Islam adalah dasar Identitas umat, dan sistem kenegaraan adalah dasar identitas bangsa.
  • ABI meyakini bahwa umat Islam adalah satu komunitas global yang dipertemukan oleh kesamaan dalam Islam meskipun berbeda bangsa dan negara.
  • ABI meyakini bahwa bangsa Indonesia dengan semua keragaman agama, suku, budaya, daerah dan lainnya adalah komunitas lokal yang berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top