Saturday , December 14 2019
Breaking News
Para Pejabat Asean Mulai Tiba di Jakarta

Para Pejabat Asean Mulai Tiba di Jakarta

Jakarta  – Para menteri dan rombongan negara-negara ASEAN mulai tiba di Jakarta, Kamis, untuk mengikuti rangkaian pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN. Berdasar data Satuan Tugas Pengamanan Bandara untuk KTT ASEAN 2011 yang diterima ANTARA di Jakarta, para menteri dan delegasi ASEAN itu tiba melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Komandan Wing 1 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Tribowo selaku penanggung jawab pengamanan di Bandara Soekarno Hatta, mengatakan, ada lima pejabat negara ASEAN yang tiba melalui bandara tersebut.

“Rencana ada enam pejabat negara ASEAN yang tiba melalui Bandara Soekarno Hatta,” katanya.

Keenam pejabat itu adalah sekretaris deputi Perdana Menteri Thailand, Menteri Perindustrian Vietnam, Menteri Perdagangan Myanmar, Menteri Luar Negeri Myanmar, Menteri Luar Negeri Laos dan Menteri Luar Negeri Kamboja.

Sedangkan pejabat ASEAN yang tiba melalui Bandara Halim Perdanakusuma adalah Kepala Negara Myanmar Jenderal U Thein Sein.

KTT ke-18 ASEAN akan membahas sejumlah isu seputar tiga pilar ASEAN menuju percepatan pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015.

Ketiga pilar itu, antara lain, politik dan keamanan, ekonomi, serta sosial dan budaya.

Mengenai isu politik dan keamanan, beberapa agenda yang dibahas terkait isu kejahatan transnasional, termasuk terorisme, dan penanganan konflik antaranggota ASEAN secara damai menyusul konflik perbatasan berdarah antara Thailand dan Kamboja, beberapa waktu belakangan.

Sedangkan isu seputar pilar ekonomi ASEAN, KTT antara lain, akan membahas keamanan energi dan pangan.

Dan tentang isu sosial dan budaya, para delegasi negara anggota ASEAN akan membahas pembentukan komunitas ASEAN. Dalam KTT juga akan dilakukan evaluasi dan penilaian terkait pencapaian setiap negara anggota ASEAN mengenai ketiga pilar utama tersebut. (ANTARA News)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top