Thursday , July 2 2020
Breaking News
Sikap Ormas ABI tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sikap Ormas ABI tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah suatu bentuk negara bersatu, merdeka dan berdaulat yang terdiri atas wilayah yang luas dan tersebar dari Sabang sampai Merauke serta Miangas hingga Pulau Rote dengan bermacam adat, suku, keyakinan serta budaya yang memiliki tujuan dasar mewujudkan kehidupan bangsa yang adil dan makmur.

ABI meyakini bahwa NKRI adalah bentuk final dari negara Indonesia, dubangun di atas kontrak sosial yang diterima oleh semua unsur bangsa, di atas asas Pancasila dan UUD 1945.

ABI mendukung segala bentuk usaha mempertahankan persatuan dan kesatuan NKRI serta menolak segala gerakan yang merongrong persatuan dan kesatuan tersebut dalam bentuk makar, gerakan separatis dan lainnya.

ABI berpandangan bahwa jaminan kelangsungan NKRl harus ditopang dengan pertama-tama: pembangunan manusia, pemerataan keadilan, penegakan hukum, pelestarian persatuan dan kebinekaan, dan penolakan terhadap segala bentuk ancaman, yang datang dari dalam atau dari luar, dan hal-hal lain yang mengancam substansi NKRI.

Manifesto ABI, Bab Paradigma, hal. 13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top