Sunday , December 15 2019
Breaking News
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di ICC Jakarta

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di ICC Jakarta

Jakarta, Selasa (12/11) – Peringatan Maulid Nabi biasa dirayakan oleh sebagian besar kaum muslimin di seluruh penjuru dunia. Secara umum peringatan ini dilaksanakan sepanjang bulan Rabiul Awal, namun di Indonesia peringatan Maulid terkadang juga bukan hanya di bulan Rabiul Awal. Menurut Muslim Ahlusunah, kelahiran Nabi Muhammad jatuh pada 12 Rabiul Awal, sedang Muslim Syiah mempercayai jatuh pada 17 Rabiul Awal, kesemuanya merunut pada sejarah. Maka, karena perbedaan ini, di Republik Islam Iran yang mayoritasnya adalah Muslim Syiah menjadi momen perbedaan ini senagai pekan persatuan antara Sunni dan Syiah.

Maulid Nabi adalah bentuk kecintaan umat Muslim kepada Nabinya, tradisi memperingati hari lahir  manusia agung ini sudah begitu mengakar di masyarakat Indonesia, bahkan sudah ada bertahan selama ratusan tahun. Islamic Culutal Center yang ada di Jakarta setiap tahunnya selalu mengadakan peringatan Maulid ini dengan semarak.

Acara dihadiri oleh lebih dari seribu kaum muslimin muslimat, Sunni dan Syiah. Menjadi pembicara dalam acara ini adalah Dr. Andy Hadiyanto, ketua Asosiasi Dosen Agama Islam Universitas seluruh Indonesia dan Dr. Muhsin Labib Assegaf (Ketua Komisi Bimbingan dan Dakwah Dewan Syura Ahlulbait Indonesia).

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam acara ini meliputi pembacaan Alquran, ceramah keagamaan, bazar, simtu dhurar, pembacaan al-Barjanzi, pemotongan kue, kembang api dan lain-lain.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top