Sunday , August 18 2019
Breaking News
Peringatan Wiladah Imam Ali dan Peresmian Husainiyah Al Mahdi Semarang

Peringatan Wiladah Imam Ali dan Peresmian Husainiyah Al Mahdi Semarang

Di atas tanah seluas 300 meter persegi, gedung baru Husainiyah Al Mahdi Semarang telah berdiri megah. Setelah hampir setahun masa pembangunannya, saat ini gedung dua lantai itu sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas keumatan. Lantai dasar disediakan untuk area parkir dan ruang sekretariat, sementara lantai dua dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyelenggaraan bermacam kegiatan dan perpustakaan.Tampaknya desain bangunan memang sengaja dirancang agar layak dan memadai untuk berbagai aktivitas spiritual dan sosial yang bisa menampung banyak jamaah. Seperti terlihat saat acara peresmiannya Selasa (13/5) lalu yang bertepatan dengan 13 Sya’ban 1435 H, hari kelahiran (wiladah) Imam ali Bin Abi Thalib. Meski ruangan lantai dua dipadati ratusan jamaah dan area parkir penuh kendaraan roda dua dan mobil, para tamu undangan tetap bisa khusyuk dan penuh semangat mengikuti acara tersebut.

Diawali seminar internal bertema “Fungsi dan Peran Husainiyah dalam komunitas Ahlul Bait“ dengan Ustad Miqdad, Ustad Zahir Yahya dan Ahmad Mujahid MS (Direktur PNM Binama) selaku panelis, malam harinya dilanjutkan acara peringatan wiladah Imam Ali Bin abi Thalib bersama  Ustad Husein Shahab yang kemudian diakhiri lantunan ziarah dan doa.

Kepada kontributor ABI Press Semarang, Abdurrahman Al Aththas  selaku salah seorang pengurus Husainiyah menuturkan bahwa tujuan berdirinya Husainiyah ini adalah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjadi insan muttaqin (manusia bertakwa), di samping meneladani jejak langkah para Aimmah melalui aktivitas spiritual dan kemanusiaan. Menurut alumni kedokteran UNISSULA Semarang ini, tiap tahun setidaknya akan ada 14 wiladah (hari lahir) dan 13 syahadah (hari syahid) para Aimmah yang akan selalu diperingati di Husainiyah tersebut.

Selama ini kiprah sosial riil yang sudah dilaksanakan di antaranya adalah kerja bakti bersama warga sekitar Husainiyah dan kegiatan fogging di 12 titik yang dilakukan di luar wilayah Husainiyah.
Adapun kegiatan yang tak lama lagi akan di-launching adalah gerakan bersih-bersih masjid di wilayah Semarang dan sekitarnya.

“Sudah ada 12 orang sukarelawan yang siap terjun untuk membersihkan masjid,” ujar Abdurrahman terkait gerakan bebersih masjid yang akan segera di-launching dalam waktu dekat itu. (Arif/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top