Sunday , December 8 2019
Breaking News
Pernyataan Sikap atas Aksi Intoleransi di Karimun

Pernyataan Sikap atas Aksi Intoleransi di Karimun

Sekali lagi bangsa Indonesia menyaksikan aksi pemaksaan kehendak massa yang tidak bertanggungjawab dan intoleran untuk membubarkan acara peringatan Asyura di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Aksi pemaksaan kehendak seperti ini sebenarnya kerap dialami oleh pengikut Syiah di Indonesia. Di hampir seluruh wilayah Indonesia, dan sepanjang tahun, dalam berbagai acara yang mereka gelar, komunitas pengikut mazhab Ahlulbait selalu menghadapi aksi-aksi intoleransi seperti ini, padahal mereka selalu melakukan acara-acara itu dengan seizin aparat keamanan setempat.

Menanggapi aksi pemaksaaan kehendak dan sikap intoleran yang demikian nyata ini, Ormas Islam Ahlulbait Indonesia yang mewadahi komunitas pengikut mazhab Ahlulbait di Indonesia hendak menyampaikan beberapa sikap berikut.

Pertama, kami mengecam aksi pemaksaan kehendak sekelompok massa yang demikian, khususnya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berasaskan Pancasila dan berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika. Kami percaya bahwa aksi-aksi seperti itu akan berujung pada anarki, pelanggaran hukum yang lebih berat dan bahkan bertentangan dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kedua, kami meminta aparat keamanan dan pemerintah agar menindak anasir intoleran yang terus bergerak memaksakan kehendak mereka sendiri di wilayah NKRI ini. Mereka seringkali telah bertindak di luar batas. Kami menilai pembiaran aksi-aksi intoleran itu akan mengancam integritas bangsa dan negara.

Ketiga, mendesak seluruh Ormas Islam, lembaga pendidikan Islam dan pusat dakwah Islam untuk mengajarkan Islam yang penuh rahmat, toleransi dan tenggang rasa, dengan berpijak pada akhlaqul karimah yang diteladankan oleh Rasul, Ahlulbait Nabi, para Sahabat, Tabiin dan ulama Salaf.

Keempat, kami memohon pada aparat keamanan dan pemerintah untuk lebih serius menangani aksi-aksi kekerasan dan intoleransi yang mengatasnamakan Islam, karena kami percaya pembiaran aksi seperti ini akan merusak Islam, memicu konflik horizontal yang lebih massif dan menghilangkan peluang bangsa Indonesia menapaki tahap-tahap kemajuan yang lebih besar.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan. Semoga Allah berkenanya menolong Bangsa Indonesia meraih cita-cita kemerdekaan dan hidup sejahtera dan jaya lahir dan batin.

Jakarta, 22 September 2019    22 Muharam 1441 H

Dewan Pengurus Pusat
Ahlulbait Indonesia

 

Habib Hassan Alaydrus

5 comments

  1. Pemerintah melalui aparat negara harus bertindak tegas menjalankan tugas nya sebagai penegak ketertiban dan hukum di negara kesatuan republik Indonesia

  2. Pemerintah melalui aparat negara harus bertindak tegas menjalankan tugas nya sebagai penegak ketertiban dan hukum di NKRI

  3. Tindak tegas kaum intoleran !!

  4. Pemerintah harus tegas agar menyikapi insiden ini, sebab intoleransi ini pesat dan berkembang, sara dan radikal tidak boleh terjadi di indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top