Saturday , July 11 2020
Breaking News
Pesan AJI: Cerdas Pilih Media

Pesan AJI: Cerdas Pilih Media

Cerdas Memilih MediaUlang tahun Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) yang ke-21 berlangsung meriah di Gedung Usmar Ismail, Jakarta Pusat, Jumat (4/9).

Dalam memperingati ulang tahun ke-21 yang mengusung tema “Cerdas Memilih Media” ini, Presiden AJI, Suwarjono menyebutkan, di era informasi bagai air bah, masyarakat mesti bijak dalam memilih berita.

“Saat ini adalah era baru media, air bah informasi mengalir dari banyak media baru yang mengabarkan berita,” ujar Suwarjono. “Karena itulah masyarakat harus cerdas memilih media berita.”

Menurut Suwarjono, kualifikasi media berita yang layak diikuti adalah media yang mengikuti standar dan etika jurnalistik.

“Tolok ukurnya adalah media yang bertanggungjawab, yaitu media yang mematuhi standar dan etika jurnalistik. Karena itulah yang membuat berita itu bisa dipertanggungjawabkan,” terang Suwarjono. “Juga pilih media berita yang teruji dalam menyampaikan fakta,” tambahnya.

Buya Syafi’i Ma’arif yang juga hadir dan memberikan orasi budaya di ulangtahun AJI ini memberi pesan kepada para wartawan, juga berharap AJI mampu melahirkan wartawan-wartawan pejuang seperti Syarif, Trimurti dan Mochtar Lubis.

“Indonesia membutuhkan wartawan-wartawan petarung yang konsisten dan independen menyampaikan kebenaran,” ujar Buya Syafi’i. “Seperti Udin, seperti Mochtar Lubis.”

“Saya berharap, dari AJI akan muncul wartawan-wartawan sekaliber mereka ini,” harap Buya Syafi’i. (Muhammad/Yudhi)

 Aliansi Jurnalis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top