Friday , September 20 2019
Breaking News
Pesan Ukhuwah dan Nasionalisme Almarhumah Khadijah Binti Umar Alaydrus

Pesan Ukhuwah dan Nasionalisme Almarhumah Khadijah Binti Umar Alaydrus

Syarifah Khadijah binti Umar Alaydrus di Pemakaman Wakaf Al-Muhdhor, Cimanggis“Pesan yang selalu diulang-ulang Ummi itu agar kami anak-anaknya melek huruf, melek ukhuwah Islamiyyah, melek kesadaran sebagai warga negara untuk berbuat baik di Tanah Air. Itu yang selalu ditekankan Ummi.”

Inilah penuturan Hasan Daliel Alaydrus, Ketua Umum Ormas Islam Ahlulbait Indonesia (ABI) saat mengenang almarhumah ibundanya, Syarifah Khadijah binti Umar Alaydrus di Pemakaman Wakaf Al-Muhdhor, Cimanggis Selasa, (26/8) lalu.

Sementara Ahmad Murtezha Alaydrus, cucu terdekat almarhumah yang berpulang ke rahmatullah hari Senin (25/8) itu menyebutkan bahwa satu hal yang paling diingatnya dari sosok neneknya adalah perhatiannya yang sangat besar terhadap anak-anak dan keluarganya.

“Biasanya kan anak yang selalu minta maaf kepada ibunya. Tetapi almarhumah justru yang selalu minta maaf kepada anak-anaknya, cucu-cucunya, dan kepada mantu-mantunya,” ujar Ahmad.

Dalam benak Hasan Daliel sendiri, ibundanya adalah sosok wanita yang sangat menyayangi anak-anaknya dan selalu mendorong mereka untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Juga pesannya untuk selalu menjunjung tinggi ukhuwah Islamiyyah dan kecintaan pada Tanah Air.

Inilah kiranya, yang membentuk sosok Hasan Daliel Alaydrus yang dikenal sebagai figur pendorong ukhuwah dan besar kecintaannya pada Ibu Pertiwi sangat kuat ini. Semangat ukhuwah dan nasionalisme inilah yang juga membentuk dan mewarnai kebijakan-kebijakannya dalam memimpin Ahlulbait Indonesia hingga saat ini.

Sebuah Kehilangan Besar

Husain Shahab, yang juga menghadiri pemakaman almarhumah menyatakan belasungkawanya.

“Saya atas nama Hauzah Ilmiah Az-Zahra mengucapkan belasungkawa setinggi-tingginya atas wafatnya ibunda Syarifah Khadijah. Saya betul-betul melihat seorang ibu yang luar biasa shalehahnya bisa mendidik anaknya dengan baik dan saleh. Seorang ibu yang harus dicontoh oleh banyak wanita-wanita, kesabarannya, kesalehannya,” ujar Husain Shahab.

“Mudah-mudahan Allah menggantikan ibu-ibu seperti beliau di zaman ini. Untuk membangun generasi Muslim yang lebih baik lagi,” harapnya.

Hasan Daliel selaku putra almarhumah menyatakan sangat berterimakasih atas belasungkawa dari semua pihak atas wafat ibundanya, sembari berdoa semoga Allah Swt dan Ahlulbait-Nya menerima almarhumah di tempat terbaik di sisi-Nya. (Muhammad/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top