Wednesday , June 19 2019
Breaking News
Program Pojok Baca Kampung Literasi Sigi (KLS)

Program Pojok Baca Kampung Literasi Sigi (KLS)

Kampung Literasi Sigi (KLS) sudah membentuk 2 Pojok Baca yang terletak di Desa Walatana dengan nama Pojok Baca Valatana dan di Desa Baluase dengan nama Pojok Baca Banua Madamba Usman.

Kedua pojok baca ini sudah melaksanakan program harian. Program harian terdiri dari mengajak bersama anak-anak ke masjid, Klinik PR, mengaji setelah sholat dan membaca pada sore hari jam 15.00 s/d 16.00 dan malam hari jam 20.00 s/d 21.00 Wita. Program harian ini dijalankan oleh para pendamping Kampung Literasi Sigi (KLS) disetiap desa yang terdiri dari Siswa SMP dan SMA.

Sementara program mingguan terdiri dari Kampanye Literasi, membaca bergilir ke beberapa dusun, Kajian Tematik, Bedah Buku dan Pemikiran Tokoh yang dilakukan secara bergantian oleh masing-masing pengurus Kampung Literasi Sigi (KLS). Pengurus Kampung Literasi Sigi (KLS) terdiri dari Mahasiswa dan Pemuda Desa.

Sedangkan program bulanan terdiri dari Training Kepenulisan, Jumpa Tokoh, membaca bersama Desa, serta kedepan akan dibentuk beberapa pojok baca dibeberapa Desa jika buku-buku yang tersedia sudah banyak.

Sedangkan program tahunan pada akhir tahun 2018 ini akan menggelar Kemah Literasi Akhir Tahun se Kecamatan Dolo Selatan kabupaten Sigi, di mulai dari tanggal 29 – 31 Desember 2018. Program ini yang sementara dirintis dengan berbagai kegiatan literasi.

Program Kemah Akhir Tahun menghadirkan seluruh sekolah TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, RISMA dan Organisasi Kepemudaan (OKP) se kecamatan Dolo selatan dengan kegiatan 5 lomba, yaitu lomba pidato, puisi, lomba hafal surah-surah pendek Al-qur’an, lomba azan, lomba menggambar dan mewarnai. Sedangkan rangkaian kegiatannya berupa pembukaan, Testimoni Literasi, Trauma Healing, Malam Puncak; seperti Api Unggun, Nonton Bareng tentang Film Literasi, Kultum dan Mengaji, Pidato Literasi nasional dan Malam renungan Akhir Tahun, Zikir dan Doa Bersama, Pukul Beduk serta Kembang Api. (Mahadin)

Baca juga: Kampung Literasi Sigi Persiapkan Kemah Akhir Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top