Saturday , November 17 2018
Breaking News
Proses Pembangunan RTG di Lombok

Proses Pembangunan RTG di Lombok

Ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana proses dan apa saja bahan yang digunakan dalam membangun Rumah Tahan Gempa (RTG)? berikut wawancara Media Abi  kepada Bapak Ahmad Subhan ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) ABI Nusa Tenggara Barat yang saat sedang membangun RTG ke-4 di Lombok.

Apa saja bahan yang digunakan dalam membangun RTG?

Kita menggunakan bajaringan, kalsiboard, spandek, semen, bata, pasir, bahan ini juga dikombinasi dengan besi kotak galvanis yang anti karat sebelumnya juga kita memanfaatkan bahan kayu dari sisa rumah-rumah yang roboh.

Baja ringan itu sudah umum di NTB selama pasca gempa baik itu dari Ormas, LSM, masyarakat sendiri rata-rata menggunakan itu. Idealnya RTG ada yang dari bahan bambu dan kayu tetapi pertimbangan kami setelah melakukan survei dengan tim DPP ABI di Lombok Utara selain bahan yang kami gunakan itu kuat serta bisa di gunakan lagi kedepannya.

Dalam proses pengerjaanya kita membuat tim kerja, tim di Sembalun Lombok timur dan Bengkaung Lombok Barat. Setiap tim ada koordinator serta membuat rancangan anggaran belanja.

Untuk proses pembuatan RTG berapa lama?

Bisa lima hari dengan tenaga kerja sekitar 6 orang

Bahan-bahan yang digunakan dari mana?

Dari distributor langsung jadi lebih murah harganya, untuk di daerah Sembalun sempat kita kehabisan bahan-bahannya dari distributornya karena banyak yang menggunakan.

Apa kiat-kiat khusus agar bangunannya tahan gempa?

Agar tahan gempa kita buat rumah itu elastis sehingga tidak ada lagi pengelasan hanya menggunakan baut. Tiang RTG berdiri diatas pilar beton dengan cara di baut. Alhamdulillah semua tenaga kerja sudah ahli dan terbiasa dalam membangun rumah ini, ada bagian las dan ada juga yang ahli dalam membuat bata.

Adakah kesulitan dalam membangun RTG ini?

Kesulitannya hanya pada tahap pertama dalam pembuatan RTG yang di daerah Selebung Lombok Tengah, waktu itu kita masih mencari orang yang benar-benar faham dengan itu dan masih kurang koordinasi. dan Alhamdulillah di pembangunan yang kedua sudah mulai bagus dan bisa dibilang tidak ada kesulitan lagi karena kita sudah ada pengalaman pertama.

Apakah dalam pembangunan RTG ini ada yang membantu selain relawan ABI?

Banyak sekali, di Selebung ada warga yang membantu dan yang paling banyak membantu ada di daerah Sembalun yaitu pemuda-pemuda yang antusias membantu dalam proses pembangun RTG.

Baca juga: Khidmat Relawan Ahlulbait Indonesia (ABI) Untuk Gempa Lombok

Pembangunan RTG ke-4 oleh Relawan ABI NTB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top