Thursday , October 18 2018
Breaking News
Raih Kemuliaan di Bulan Ramadan

Raih Kemuliaan di Bulan Ramadan

يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيامُ كَما كُتِبَ عَلَى الَّذينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah, ayat 183)

Hafsh bin Ghiyats meriwayatkan, “Aku mendengar dari Imam Shadiq as bahwa beliau berkata, ‘Allah swt tidak pernah mewajibkan berpuasa di bulan Ramadan selain kepada umat Nabi Muhammad saw.'”

“Lalu apa makna ayat yang menyatakan, Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu?” tanya Hafsh.

Imam menjawab, “Allah swt mewajibkan berpuasa di bulan Ramadan hanya kepada para Nabi terdahulu bukan pada umatnya. Akan tetapi dengan perantara (puasanya para Nabi), Allah swt memberikan fadhilah kepada umat-umat terdahulu. Dan sekarang, berpuasa di bulan Ramadan, Allah wajibkan untuk Nabi Muhammad saw, keluarga beliau, dan umat beliau.” (Man La Yahduruhu Al-Faqih, jilid 2, hal 99, hadis no 1844)

Baca juga: Keistimewaan Lapar dan Bahaya Perut Kenyang

Bulan suci Ramadan juga dikenal dengan bulan al-Quran, karena di bulan suci ini Allah swt turunkan al-Quran.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185)

Kemuliaan lain tentang bulan istimewa ini juga dituturkan lisan suci Rasulullah saw dalam khutbahnya menyambut bulan Ramadan, “Wahai manusia, sungguh telah datang kepada kalian bulan Allah yang penuh rahmat, berkah, dan ampunan. Bulan paling utama di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari paling utama. Saat-saatnya adalah saat-saat paling utama. Di bulan ini, kalian diundang menjadi tamu Allah dan digolongkan orang-orang yang dimuliakan Allah. Di bulan ini, napas kalian adalah tasbih, tidur kalian adalah ibadah, amalan kalian diterima, dan do’a-do’a kalian diijabah. Karenanya, mohonlah kepada Allah, Tuhan kalian, dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Dia membimbing kalian untuk berpuasa dan membaca Kitab-Nya. Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan agung ini. Bayangkanlah dalam lapar dan haus kalian di bulan ini, lapar dan haus di Hari Kiamat kelak. Bersedekahlah kepada fakir miskin di sekitar kalian. Muliakanlah orang-orang yang lebih tua, sayangi yang lebih muda, sambunglah tali persaudaraan, peliharalah lidah kalian, tahanlah pandangan kalian dari hal-hal yang haram didengar. Kasihilah anak-anak yatim, niscaya anak-anak yatim kalian akan dikasihi orang lain. Bertobatlah kepada Allah dari dosa-dosa kalian. Angkatlah kedua tangan kalian berdoa di saat shalat-shalat kalian. Karena, itulah saat-saat utama ketika Allah memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih sayang. Dia menjawab mereka yang bermunajat kepada-Nya, menyambut mereka yang menyeru-Nya dan mengabulkan mereka yang berdoa kepada-Nya…”

Baca juga: Renungan Khutbah Rasulullah saw Jelang Ramadan

Oleh karenanya, bulan Ramadan menjadi momen terpenting dalam perjalanan hidup manusia dengan berbagai keutaman-keutaman yang ada di dalamnya. Salah satunya keistimewaan menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini, dipertegas dalam hadis nabi yang lain, “Barang siapa yang berpuasa karena Allah swt, maka ampunan akan dosa-dosanya adalah sesuatu yang wajib (Allah pasti akan mengampuni dosa-dosanya).” (Mizanul Hikmah, jilid 6, hal 395, hadits no.11099)

Sebuah kemuliaan yang amat tinggi bagi seorang hamba tatkala Allah swt mengampuni dosa-dosanya, melipatgandakan pahala dan mengabulkan setiap doa-doa yang dipanjatkannya.

Semoga Allah swt senantiasa memberikan kita taufik untuk selalu berpuasa di setiap bulan Ramadan, sehingga kita bisa meraih predikat orang-orang yang bertakwa. (Sutia/mz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top