Monday , September 23 2019
Breaking News
Sambut Gerhana Matahari Total Warga Pontianak Gelar Salat Kusuf

Sambut Gerhana Matahari Total Warga Pontianak Gelar Salat Kusuf

Gerhana Matahari TotalBertempat di Masjid Raya Mujahidin, masyarakat Kota Pontianak beramai-ramai mengikuti Salat Kusuf berjemaah yang dilaksanakan pada Rabu (9/3), saat Gerhana Matahari Total (GMT) melintasi wilayah Kalimantan Barat.

Mirip pelaksanaan Salat Ied, warga Pontianak memenuhi ruangan dan halaman Masjid Raya Mujahidin, antusias menyambut tanda kebesaran Allah SWT yang tergolong langka ini.

Dalam kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB, bertindak sebagai Imam Salat, H. Salman al-Farisi, Lc dengan Khatib Dr. Harjani Hefni, Lc. MA.

“Siapa sangka langit bisa menurunkan air yang dahsyat sehingga mampu menenggelamkan umat Nabi Nuh, dan siapa sangka bumi bisa mengeluarkan bebatuan yang mampu membinasakan umat Nabi Luth?” tanya Harjani dalam khotbahnya, mengingatkan jemaah terkait fenomena alam yang tak mustahil berujung bencana.

Karena itulah, tambahnya, untuk menghindari bencana yang bisa saja terjadi, kita harus menjauhi perbuatan maksiat dan memperbanyak sedekah, demikian pula saat Gerhana Matahari Total terjadi.

“Oleh karena itu, jauhilah perbuatan maksiat terutama perbuatan zina,” tegas Harjani.

Di beberapa titik di kota Pontianak, GMT tidak dapat dinikmati secara maksimal oleh warga yang telah menanti sejak pagi akibat cuaca mendung dan hujan yang turun saat subuh. (Hakim/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top