Monday , October 15 2018
Breaking News
Sambut Hari Pahlawan DPW ABI Kalbar Ziarahi TMP Dharma Patria Jaya

Sambut Hari Pahlawan DPW ABI Kalbar Ziarahi TMP Dharma Patria Jaya

DPW-ABI-KalbarSelasa (10/11), rombongan Dewan Pengurus Wilayah Ahlulbait Indonesia Kalimantan Barat bergerak menuju Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2015. 

Menurut Ketua DPW ABI Kalbar, Muhammad Darwin, SE., MM., kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan semata, lebih dari itu ada hal lain yang harus mampu diserap. 

“Mengenang para pahlawan tidak hanya sekadar menziarahi makam mereka, ada totalitas semangat dalam perjuangan dan pengorbanan mereka demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Kegiatan dimulai dengan prosesi tabur bunga di areal TMP yang berlokasi di Jalan Adisucipto, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Prosesi ini merupakan bentuk rasa cinta dan penghormatan kepada para pahlawan. 

“Sebagaimana seorang pencinta menghadiahkan bunga kepada kekasih sebagai bentuk rasa cintanya, ini adalah hal yang sangat manusiawi,” tutur pria yang akrab disapa Darwin.

Menurut Darwin, Republik Indonesia lahir dari kristalisasi semangat rakyat dalam melawan penjajah demi Indonesia merdeka. Ada peran dari jutaan pahlawan yang berasal dari berbagai latar belakang, sehingga menjaga keutuhan NKRI menjadi tugas bagi setiap elemen bangsa ini. 

“Indonesia tidak berdiri karena peran satu golongan semata, ada banyak pihak yang berpartisipasi menopang tetap tegaknya Indonesia hingga hari ini. Keberagaman itu adalah warisan dari para pahlawan yang harus dijaga,” ucapnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan doa ziarah yang dipimpin oleh Abdul Hakim, SE.I dan foto bersama pengurus DPW ABI Kalbar. 

Bagai sebuah taman bunga, Indonesia menjadi indah karena keragaman entitas yang hadir di dalamnya. 

“Indonesia bukanlah Indonesia jika tidak ber-bhinneka,” tutup Darwin di akhir kegiatan. (Reza/Yudhi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top