Friday , October 18 2019
Breaking News
Sayidah Fathimah Az Zahra : Sosok Teladan Seluruh Umat Manusia

Sayidah Fathimah Az Zahra : Sosok Teladan Seluruh Umat Manusia

Sayidah Fathimah putri Nabi merupakan sosok agung. Tak hanya teladan bagi kaum wanita, tapi juga kaum pria, baik dari kalangan umat Islam, maupun seluruh manusia.

Hal ini diungkapkan Ustaz Husain AlKaff dalam peringatan Haul Sayidah Fathimah az-Zahra as di ICC al-Huda, Jakarta, Jumat (26/2).

Ustaz Husain juga menjelaskan bahwa secara eksistensial Tuhan tak pernah membedakan manusia berdasarkan jenis kelaminnya.

“Manusia memiliki dua unsur, unsur materi dan unsur ruhani. Dalam Alquran Allah SWT menyebut unsur ruh atau nafs itu tidak berkelamin, semua sama,” terang Ustaz Husain.

“Karena itulah, dikatakan bahwa Sayidah Fathimah as adalah wanita teladan, bukan teladan wanita,” terang Ustaz Husain menyitir Ayatullah Jawadi Amuli mengenai Sayidah Fathimah as.

“Sayidah Fathimah secara fisik adalah wanita, tapi secara spiritual beliau adalah teladan bagi seluruh manusia, laki-laki dan wanita. Tak hanya bagi wanita saja.”

Menurut Ustaz Husain, keagungan Sayidah Fathimah as sehingga dijadikan teladan bagi umat manusia adalah karena 3 hal.

“Pertama karena Fathimah adalah wanita yang menjaga kehormatannya, menghormati dirinya. Kedua Az-Zahra adalah seorang yang sangat beriman, beliau mendapat gelar As-Shiddiqah, seseorang yang sangat mempercayai. Meyakini ayahnya sebagai Rasul dan Ali sebagai Imam. Dan ketiga Az-Zahra adalah seorang ahli ibadah.”

Ustaz Husain menjelaskan bahwa ketiga hal inilah yang merupakan inti dari Islam.

“Inilah yang dicontohkan Az-Zahra, bahwa dalam Islam pasti tergabung tiga hal, akhlak, akidah, dan syariat,” ujar Ustaz Husain.

Bagi para pencinta Ahlulbait, keberadaan Ahlulbait merupakan nikmat yang sangat besar, karena merekalah yang memberikan teladan dan arah perjalanan untuk mendekat kepada-Nya. Semua umat Islam harus mencintai dan meneladani ajaran Ahlulbait, tak terkecuali teladan dari Sayidah Fathimah az-Zahra as. (Muhammad/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top