Friday , December 13 2019
Breaking News
Semarak Peringatan Yaumul Bi’tsah 1440 H di ICC, Jakarta

Semarak Peringatan Yaumul Bi’tsah 1440 H di ICC, Jakarta

Jakarta – 27 Rajab dalam kalender Islam adalah merupakan hari besar, bagi sebagian besar Muslimin hari ini merupakan hari Isra Mikraj, yaitu sejarah perjalanan Rasul Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Dalam tradisi Muslim Syiah, 27 Rajab lebih dikenal dengan Yaumul Bi’tsah, dimana Nabi Muhammad Saw dilantik dan diangkat menjadi nabi. Peristiwa ini terjadi ketika Nabi berada di gua Hira di atas gunung Nur (di sekitar Mekah) di usianya yang ke-40 tahun dan ini merupakan awal permulaan agama Islam.

Islamic Cultural Center (ICC) Jakarta mengadakan peringatan Yaumul Bi’tsah pada Rabu malam, 3 April 2019. Peringatan ini banyak dihadiri oleh para pencinta Ahlulbait yang berasal dari Jakarta dan daerah samping Jakarta seperti Depok dan Tangerang.

Acara ini dipandu langsung oleh Ustaz Ahmad Hidayat, dalam pembukaanya beliau menyampaikan tujuan berkumpulnya kita di sini adalah untuk memperingati Yaumul Bi’tsah yang berarti kita memperbaharui baiat kita kepada Rasulullah Saw, para Maksumin, sekaligus penantian akan datangnya Imam al-Mahdi afs.

Ustaz Othman Shihab menjadi penceramah inti dalam acara ini. Beliau mengatakan bahwa 27 Rajab adalah sebagai peristiwa penobatan Rasul sebagai pembawa risalah, dengan mengutip beberapa hadis beliau menyatakan bahwa Muhammad Saw telah menjadi Nabi sebelum diciptakannya Adam as. Sebelum diciptakannya alam semesta, Nur Muhammad sudah diciptakan, peristiwa 27 Rajab secara zahir adalah penobatan Nabi Muhammad sebagai pembawa risalah dengan diturunkannya sural al-‘Alaq ayat 1-5. Rasul Saw memang manusia biasa seperti kita tetapi beliau adalah manusia unggul yang berasal dari bibit yang unggul yang sudah dipersiapkan Allah swt untuk membawa risalah, beliau difilter melalui sulbi manusia-manusia unggul yang tidak pernah menyembah berhala sekalipun.

Alunan nasyid puji-pujian untuk Rasulullah Saw menjadi penutup peringatan ini. Acara berlangsung dengan lancar yang berkhir tepat pukul 22.00

WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top