Monday , June 17 2019
Breaking News
Shalat Idul Adha dan Penggalangan Dana Untuk Lombok oleh Komunitas Muslim Syiah

Shalat Idul Adha dan Penggalangan Dana Untuk Lombok oleh Komunitas Muslim Syiah

IMG_0217

Jakarta (Rabu, 22/8/18) – Sepuluh Dzulhijah adalah hari raya Idul Adha yang merupakan hari besar bagi kaum Muslimin.  Berdasarkan riwayat yang ada, pada hari ini Allah memerintahkan Nabi Ibrahim as untuk menyembelih Nabi Ismail as. Nabi Ibrahim as pun membawa Nabi Ismail ke tempat penyembelihan namun Malaikat Jibril turun sambil membawa domba dan Nabi Ibrahim as menyembelih hewan qurban itu sebagai ganti putranya. Sunah berqurban pada hari Idul Adha di Mina diadakan untuk mengenang kejadian itu. Kaum Muslimin yang pergi berhaji ke Mekah untuk melaksanakan amalan ibadah haji mengerjakan serangkaian kegiatan di Mina, di antaranya adalah melaksanakan qurban. Pada hari raya Idul Adha dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan seperti mandishalat Idul Adha, berkurban, ziarah Imam Husain as dan membaca doa Nudbah. Hukum berpuasa pada hari raya Idul Adha seperti pada hari raya Idul Fitri adalah haram

IMG_0250

Pagi ini komunitas Muslim Syiah shalat id berjamaah di Islamic Cultural Center, Pejaten, Jakarta Selatan. Setiap ada acara besar seperti peringatan wiladah, haul maupun hari besar Islam lainnya tempat ini selalu ramai dikunjungi pengikut Ahlulbait. Ratusan pengunjung yang datang untuk melakukan ibadah terlihat khusuk, jamaah yang datang beragam, pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia.

IMG_0236

Sholat Idul Adha di-imami dan Khotbah langsung oleh Direktur ICC Hujjatul Islam wal Muslimin Syeikh Hakim Ilahi, dalam khotbahnya beliau berpesan tentang pentingnya berqurban, taqwa dan sifat itsar (sifat yang banyak berkorban untuk kepentingan orang banyak red) sebagaimana yang telah dilakukan oleh para Nabi dan Imam.

IMG_0253IMG_0258

Setelah selesai melakukan shalat dan doa bersama komunitas pecinta Ahlulbait terlihat antusias memberikan donasi untuk korban gempa Lombok, menurut Pasrah Wicaksono (35) selaku relawan donasi dari Ormas Islam Ahlulbait acara ini sudah berlangsung dua hari dari kemarin Selasa, 21 Agustus atau bertepatan dengan hari Arafah. Setelah terkumpul nanti akan langsung disalurkan kepada warga Lombok yang terkena bencana. (asf/abi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top