Tuesday , February 18 2020
Breaking News
Siaran Pers Yayayasan Lembaga Bantuan Hukum Universalia (YLBHU) : Perkembangan Islah Sunnah-Syiah Sampang

Siaran Pers Yayayasan Lembaga Bantuan Hukum Universalia (YLBHU) : Perkembangan Islah Sunnah-Syiah Sampang

Selama 6 pekan terakhir, gerakan islah Sampang yang muncul dari rakyat semakin menguat dan mengalami kemajuan-kemajuan yang sangat menggembirakan. Gerakan islah ini dapat terjadi karena didorong langsung oleh inisiatif aktor-aktor warga kampung Bluuran, Karanggayam dan Panden, tempat warga pengungsi Syiah berasal sekaligus pusat kekerasan terjadi.Perlu diketahui selain kiai setempat dan tokoh masyarakat, motor utama gerakan islah adalah juga aktor-aktor utama pelaku kekerasan kasus Sampang I & II. Dengan dorongan aktor-aktor tersebut, gerakan islah ini telah melakukan beberapa kali kunjungan ke tempat pengungsi Syiah di Rusunawa Sidoarjo dan menghasilkan laku maaf, keinysyafan dan kehendak kuat untuk hidup bersama kembali.Mereka warga kebanyakan dan aktor-aktor islah dari kampung serta pihak pengungsi menyatakan sudah lelah dan merasa diperalat oleh fitnah dan provokasi yang mengoyak persaudaraan mereka sebagai saudara, kerabat dan tetangga. Semua kehendak dan prinsip islah yang mereka inginkan telah tertuang dalam Piagam Perdamaian Rakyat yang telah dibuat masing-masing pihak pengungsi dan masyarakat dari kampung. Piagam tersebut telah pula disosialisasikan dan mendapat dukungan penuh dalam bentuk tanda tangan dari perwakilan dari masing-masing pihak.Islah rakyat Sampang ini tentu saja merupakan oase kesejukan di tengah situasi fitnah, provokasi dan politisasi kebencian oleh sekelompok kecil pihak yang terus ingin melanggengkan kekerasan. Islah ini pula memberi limpahan modal besar bagi negara dan pemerintah yang selama ini selalu bingung dan gamang untuk menyelesaikan dan melakukan hal-hal yang benar dan konstitusional secara tegas dan berwibawa.

Karena itu, gerakan islah yang menamakan dirinya Gerakan Perdamaian Rakyat bermaksud mengundang rekan-rekan media untuk turut mempromosikan dan meliput acara deklarasi islah dan publikasi piagam perdamaian yang akan dilakukan oleh perwakilah masyarakat dari kampung bersama dengan pengungsi syiah pada hari Senin tanggal 23 September 2013 pukul 16.00 bertempat di Pengungsian Rusunawa Puspa Agro Sidoarjo. Deklarasi dan Piagam Perdamaian Rakyat akan dibacakan oleh kedua belah pihak dan diikuti oleh sambutan dan pesan dari kedua belah pihak.

Gerakan Perdamaian Rakyat ini sangat berharap media dapat membantu menjelaskan misi dan tujuan islah ini sehingga pemerintah dan warga Indonesia  segera terlibat mendukung penuh momentum islah dan pemulangan pengungsi dan pada akhirnya mendapat pelajaran bahwa rakyat Sampang sebenarnya masyarakat muslim yang cinta damai, penuh persaudaraan dan mampu menyelesaikan masalah mereka sendiri dengan cara yang beradab dan sesuai dengan nilai Islam yang penuh rahmat dan kasih sayang.

CP: Ali Ridho 081937100444 Agus Setiawan 081359465923 Herta 08119698210

One comment

  1. Gerakan Perdamaian justru dimulai dari rakyat, ini bukti bahwa rakyat indonesia pada umumnya cinta persatuan dan menghargai perbedaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top