Sunday , March 29 2020
Breaking News
Sikap Ormas ABI Terhadap Dunia Islam; Iran

Sikap Ormas ABI Terhadap Dunia Islam; Iran

Dunia Islam yang disebut juga dengan Dunia Muslim adalah istilah yang memiliki beberapa arti. Dari segi budaya, istilah ini merujuk pada komunitas Muslim sedunia, pengikut/penganut ajaran Islam. Komunitas ini berjumlah sekitar 1.8 miliar orang yang tersebar luas di banyak negara dan kumpulan etnis yang dihubungkan dengan agama.

Dari segi sejarah atau geopolitik, istilah ini biasanya merujuk pada negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim.

Berikut ini kondisi umum beberapa negara dan komunitas Muslim di dunia Islam yang saat ini menjadi sorotan internasional.

Iran

Iran adalah sebuah negara berbentuk Republik Islam, hasil referendum rakyat Iran pasca Revolusi Islam di bawah pimpinan Ayatullah Ruhullah Khomeini pada tahun I979.

Iran memiliki hubungan diplomatik cukup erat dengan banyak negara di dunia, terutama Indonesia.

  • ABI memandang bahwa umat Islam di Iran adalah bagian dari umat Islam dunia.
  • ABI memandang bahwa umat Islam di Indonesia dan umat Islam di Iran sebagaimana umat Islam di negara lainnya diikat oleh kesamaan-kesamaan dalam agama, budaya dan nilai-nilai universal lainnya.
  • ABI mendukung dan mendorong Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral dalam segala bidang yang menguntungkan kedua belah pihak, termasuk kerjasama dalam bidang ekonomi, pendidikan, budaya, sains, politik dan keamanan.
  • ABI mendukung dan mendorong Pemerintah Indonesia untuk tetap memihak Republik Islam Iran dalam menghadapi embargo ekonomi dan tekanan politik dari Amerika dan sekutunya yang bertujuan merampas hak dan kedaulatannya.

Manifesto ABI, Bab Paradigma, hal 30.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top