Monday , February 18 2019
Breaking News
Tabiat Orang Bodoh Menurut Imam Ali AS

Tabiat Orang Bodoh Menurut Imam Ali AS

Imam Ali as berkata, “Sesungguhnya orang bodoh itu menganggap dirinya, berkenaan dengan apa yang tidak diketahuinya dalam hal pengetahuan, sebagai orang alim, dan dia merasa puas dengan pendapatnya sendiri.

Dia senantiasa menjauh dari ulama dan terbiasa mencela mereka. Dia menyalahkan siapa saja yang bertentangan dengannya. Dia menyesatkan siapa saja atas perkara yang tidak diketahuinya.

Apabila sampai kepadanya perkara-perkara yang tidak diketahuinya, maka dia bersegera mengingkari dan mendustakannya.

Dengan kebodohannya. dia berkata, ‘Aku tidak mengetahui tentang ini. Menurutku, itu tidak ada. Aku tak mengira bahwasannya itu akan terjadi. Bagaimana mungkin hal itu akan terjadi?”

Hal itu disebabkan oleh keyakinan pada pendapatnya sendiri dan sedikitnya pengetahuan akan kebodohannya. Karena itu, dia tak henti-hentinya menganggap bermanfaat apa yang tidak jelas dalam pikirannya di antara perkara-perkara yang tidak diketahui lantaran kebodohannya. Dia selalu mengingkari kebenaran dan kebingungan dalam kebodohan. Dan dia merasa sombong untuk menuntut ilmu pengetahuan!”

Baca juga Nasehat Imam Ali bin Abi Thalib Kepada Para Penguasa

Di banyak hadis lainnya Imam Ali mengecam perbuatan-perbuatan yang dilakukan tanpa dasar ilmu dan kebodohannya. Di antaranya..

Imam Ali as berkata, “Perbuatan orang bodoh itu adalah bencana, sementara ilmunya adlah kesesatan.”

Para Imam Ahlulbait lainnya juga mengecam perilaku orang-orang bodoh, Imam Jafar as salah satunya;

Imam Shadiq as berkata, “Di antara perangai orang bodoh Itu adalah menjawab sebelum mendengar, menyanggah sebelum memahami, dan menetapkan hukum (agama) berdasarkan apa yang tidak diketahuinya.

Mizanul Hikmah, jilid 1, hal 458-460

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top