Monday , September 23 2019
Breaking News
Tabut, Jejak-Jejak Karbala di Bengkulu

Tabut, Jejak-Jejak Karbala di Bengkulu

Tragedi kesyahidan al-Husain di tangan terkutuk Yazid bin Muawiyyah di Karbala yang begitu agung memiliki begitu banyak spektrum nilai. Satu sisi Karbala menghancur-leburkan hati para pencinta keadilan dalam kepedihan dan duka mendalam. Sisi lain tragedi agung ini justru menjadi magma yang bergolak abadi, yang melahirkan pejuang-pejuang besar yang terinspirasi akan kekesatriaan al-Husain dan para sahabatnya melawan segala bentuk penindasan dan kezaliman di setiap tempat, di setiap zaman.

Di bumi Nusantara, mengingat dan memperingati tragedi besar yang penuh hikmah dan inspirasi ini pun tidaklah asing. Meski banyak pembenci al-Husain berusaha menutup-nutupi sejarah Nusantara yang lekat dengan kecintaan dan penghormatan terhadap al-Husain, serta semangat yang diwarisi dari kesyahidan al-Husain di Karbala, jejak-jejak Karbala masih ada di Nusantara. Salah satunya di Bengkulu dengan budaya Tabutnya.

Berikut adalah beberapa foto budaya Tabut di Bengkulu untuk mengenang kesyahidan al-Husain di Karbala dari ABI Press:

Pembuatan Tabut

Pembuatan Tabut dilakukan di sekitar sekretariat KKT (Keluarga Kerukunan Tabut) Bencoolen.

Tabut Bengkulu

 

Pembuatan Tabut

Tabut Bengkulu

 

 

 

 

 

 




 

 

 

Menjara

Warga melakukan pawai Menjara. Menurut Keluarga Kerukunan Tabut (KKT) Bencoolen Provinsi Bengkulu, Menjara adalah simbol perjalanan panjang di malam hari dengan arak-arakan Dhol (gendang besar), bendera dan panji-panji kebesaran yang diibaratkan ketika perjalanan dari Madinah menuju Karbala. Menjara dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Muharram dari ba’da Isya hingga selesai tengah malam, pukul 24.00 WIB.

Tabut Bengkulu

Tabut Bengkulu

Tabut Bengkulu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Arak Jari-Jari

Arak jari-jari dilaksanakan pada hari Jum’at, 7 Muharram 1436  (31 Oktober 2014) ba’da Isya dengan menempatkan penja (jari-jari) di atas Tabut Coki dan kemudian dijunjung untuk diarak menuju Lapangan Merdeka Bencoolen View Tower di depan Gedung Daerah Bengkulu.

Tabut Bengkulu

Tabut Bengkulu

 

 

 

 

 

 

 

Foto oleh: Adnan Tagor

(Muhammad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top