Wednesday , November 20 2019
Breaking News
Tiga Penghalang Utama Gagal Salat Malam

Tiga Penghalang Utama Gagal Salat Malam

Setelah pembaca mengetahui keutamaan dari salat malam dan dampak apa saja yang akan didapatkan bagi seorang hamba yang mendirikan salat malam (Keutamaan Salat Malam), maka akan sangat disayangkan jika kemudian tak bisa mendirikannya.

Siapa saja yang merasa sulit bangun untuk salat malam, kemungkinan ada beberapa masalah yang harus diatasi. Lalu apa saja penyebab kita belum mendapatkan taufik sehingga mudah melaksanakan salat malam?

Pertama: Dosa

Imam Ali bin Abi Thalib as pernah ditanya seseorang, “Kenapa aku terhalang untuk mendirikan salat malam? Beliau menjawab: kamu adalah seseorang yang dosamu telah mengikatmu.” (Mizan al-Hikmah, jild 7, hal. 3153, no. 10766)

Dari hadis di atas dapat dipahami bahwa seseorang yang tak mampu melaksanakan salat malam dikarenakan dosanya. Maka dari itu supaya kita bisa melaksanakan salat malam maka kita harus berusaha untuk menjaga diri kita dari berbuat dosa di sepanjang hari.

Selain itu, Imam Jafar Shadiq as juga berkata,“Seseorang yang berbohong, karena kebohongannya ia akan terhalang dari salat malam.” (Mizan al-Hikmah, jild 7, hal. 3153, no. 10768)

Kedua: Malas

Rasa malas adalah salah satu penyebab kita tidak bisa mendirikan salat malam. Bagi seorang pemalas memang akan susah membuka mata di pagi buta dan bergerak menyingkirkan selimut saat dingin.

Tentang pemalas Imam Baqir as berkata, “Orang pemalas akan membahayakan dunia dan akhirat.” (Mizan al-Hikmah, jild 11, hal. 5183, no. 17650).

Oleh sebab itu perangilah rasa malas karena rasa malas selain membuat kita terhalang dari mendirkan salat malam juga kita bakal merusak dan membahayakan urusan dunia dan akhirat kita.

Ketiga: Mengulur-ulur Waktu

Banyak orang mudah bangun di tengah malam, hanya saja ia selalu mengulur-ulur waktu sehingga terhalang dan tak bisa mendirikan salat malam.

Pintu ilmu Nabi, Imam Ali as, memberikan nasihat, “Hindarilah sikap mengulur-ulur waktu, karena ia menyebabkan kehinaan.” (Mizan al-Hikmah, hal. 4894, no. 15844).

Bagaimana caranya agar kita bisa lebih mudah mendirikan salat malam?

Cobalah tidur lebih awal atau jangan terlalu malam. Mintalah taufik dari Allah SWT agar bisa bangun dini hari dan dapat melaksanakan salat malam. 

Kesimpulan dari bahasan ini adalah dengan menjauhi dosa di siang hari, memerangi rasa malas, dan tidak mengulur-ulur waktu serta memohon taufik sebelum tidur kepada Allah SWT, insya Allah kita akan dimudahkan dalam mendirikan salat malam dan mendapatkan keutamaan dan dampak-dampak positifnya. (Sutia/Yudhi)

*Catatan: Kitab Mizan Al-Hikmah Edisi Bahasa Arab, karya Muhammad Rey Shahry, diterjemahkan oleh Hamid Reza Syaikh ke dalam Bahasa Persia. Terbitan  Darul Hadist, Qum, Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top