Saturday , May 30 2020
Breaking News
Tujuh Sarana Meraih Maghfirah (Ampunan)

Tujuh Sarana Meraih Maghfirah (Ampunan)

Al-Quran menerangkan berbagai sarana pengampunan (maghfirah) dari Allah Swt dan penghapusan dosa. Berikut, tujuh di antaranya:

1. Tobat

Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu. (QS. at-Tahrim: 8)

2. Iman dan amal saleh

Orang-orang yang beriman (kepada Allah), mengerjakan amal-amal saleh, serta beriman pada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Itulah yang hak dari Tuhan mereka. Allah menghapus kesalahan-kesalahan mereka. (QS. Muhammad: 2)

3. Takwa

Hai orang-orang yang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan memberikan kepadamu (kekuatan) pembeda (antara yang hak dan yang batil di dalam hatimu), menghapuskan segala kesalahan-kesalahanmu. (QS. al Anfal: 29)

4. Hijrah, Jihad, dan Syahadah

Orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti di jalan-Ku, yang berperang, dan yang dibunuh, pastilah akan Kuhapuskan kesalahan-kesalahan mereka.” (QS Ali Imran: 195)

5. Infak atau sedekah diam-diam

Jika kamu menampakkan sedekah-(mu), hal itu baik sekali. Jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, hal itu lebih baik bagimu. Allah akan menutupi sebagian dosa-dosa kamu. (QS. al-Baqarah: 271)

6. Memberi pinjaman

Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipatgandakan (balasan) untukmu dan mengampunimu. (QS. ath-Thaghabun: 17)

7. Menjauhi dosa-dosa besar, membawa pengampunan dosa-dosa kecil

Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang dikerjakan, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu) yang kecil. (QS. an-Nisa: 31)

Said Husain Saidi, “Bertuhan di Pusaran Zaman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top