Friday , December 13 2019
Breaking News
Upacara Unik Mahasiswa UII

Upacara Unik Mahasiswa UII

Upacara UII 2Senin, 17 Agustus 2015 merupakan peringatan 70 tahun Indonesia merdeka. Mayoritas institusi pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi pun lazim melaksanakan upacara bendera. Prosesi pembacaan Pancasila dan UUD 1945 dalam upacara dengan menggunakan bahasa Indonesia pun sudah biasa.

Tapi, ada yang berbeda dalam pelaksanaan upacara yang dilakukan para Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) di Pondok Pesantren UII Putra. Mereka membacakan Pancasila dengan menggunakan bahasa Sunda dan UUD 1945 dengan bahasa Madura di daerah yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Jawa.

“Kami ingin memeriahkan dan menghidupkan kembali kegiatan upacara bendera yang sejak 2008 lalu sudah tidak berjalan lagi,” kata Ulum, penggagas ide upacara  unik  tersebut.

Upacara dimulai pukul 8 pagi dan diikuti oleh kurang lebih 25 mahasiswa UII.

Menurut Ulum, tidak masalah ketika pembacaan Pancasila dan UUD 1945 itu menggunakan bahasa daerah. “Yang terpenting adalah substansi dan kandungan dari kedua hal tersebut,” lanjutnya.

“Hal seperti ini juga kami lakukan sebagai ungkapan terima kasih terhadap para pahlawan terdahulu yang sudah berjuang demi kemerdekaan RI dan tak lupa kami doakan agar Allah membalas kebaikan dan jasa mereka semua,” tutupnya. (Isma-Fuad/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top