Saturday , December 7 2019
Breaking News
Upaya Pencegahan Gempa Bumi dan Akibat yang Ditimbulkan

Upaya Pencegahan Gempa Bumi dan Akibat yang Ditimbulkan

Gempa Bumi adalah peristiwa bergetarnya kulit bumi atau kerak bumi akibat adanya energi dari dalam Bumi atau tenaga endogen maupun tenaga eksogen yang dirasakan hingga ke permukaan Bumi. Bumi seringkali mengalami gempa karena lempeng-lempeng tektonik yang berada di bawah Bumi mengalami gesekan, tumbukan, atau karena faktor lainnya. Gempa bumi juga termasuk salah satu peristiwa yang lebih dikenal dengan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia.

Yang dimaksud dengan upaya pencegahan gempa bumi adalah upaya pencegahan atau meminimalkan dampak negatif yang akan terjadi dari gempa bumi. Beberapa upaya pencegahan yang dapat kita lakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Membangun konstruksi bangunan yang tahan getaran atau gempa. Hal ini bisa dilakukan terutama di daerah-daerah yang rawan terjadi gempa bumi. sebagai contoh adalah Jepang. Jepang adalah negara yang sangat rawan terjadi gempa, dengan demikian bangunan-bangunan yang ada di Jepang pun dirancah agar tahan dengan gempa.
  2. Memperkuat bangunan agar sesuai dengan standar kualitas bangunan.
  3. Untuk fasilitas umum, harus dibangun dengan kualitas tinggi.
  4. Memperkuat bangunan- bangunan vital yang sifatnya penting dan sering dikunjungi banyak orang.
  5. Merencanakan penempatan pemukiman untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di daerah yang rawan gempa bumi.
  6. Zonasi daerah-daerah yang yang rawan gempa bumi dan juga pengaturan lahan.
  7. Membekali pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui cara-cara penyelamatan ketika terjadi gempa bumi.
  8. Melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan juga praktek penyelamatan diri dari bencana gempa bumi.
  9. Turut serta dalam pelatihan berbagai program upaya penyelamatan, kewaspadaan masyarakat terhadap gempa bumi, dan juga dalam pelatihan pemadam kebakaran serta pertolongan pertama ketika menghadapi bahaya.
  10. Selalu mempersiapkan alat-alat yang penting, seperti pemadam kebakaran, peralatan penggalian, dan lainnya.
  11. Melatih anggota keluarga untuk melakukan kegiatan yang tanggap darurat.
  12. Pembentukan kelompok penyelamat bencana alam.

Itulah berbagai upaya pencegahan gempa bumi. Dampak-dampak negatif dari gempa bumi perlu diminimalkan agar tidak menimbulkan banyak korban.

Akibat Gempa Bumi

Gempa Bumi lebih kita kenal sebagai bencana alam, karena dampak negatif yang ditimbulkannya lebih besar daripada dampak positif. Oleh karena itulah masyarakat mengkategorikan gempa bumi ini ke dalam kelompok bencana alam. Ada berbagai dampak yang bisa ditimbulkan dari gempa bumi. Beberapa akibat gempa bumi antara lain sebagai berikut:

  1. Menyebabkan kerusakan bangunan
    Salah satu dampak yang paling terasa dari gempa bumi adalah rusaknya bangunan. Hal ini terjadi pada semua gempa apabila getarannya besar dan ditambah letak episentrumnya yang dangkal. Jenis-jenis gempa bumi yang menyebabkan banyak kerusakan bangunan adalah gempa bumi tektonik. Gempa bumi tektonik dihaslikan oleh lempeng-lempeng bumi yang saling bertumbukan atau bergesekan.
  1. Menyebabkan kerugian
    Semua setuju bahwa bencana alam apapun pasti menimbulkan banyak kerugian, baik kerugian material maupun spiritual. Kerugian yang ditimbulkan oleh gempa bumi ada banyak sekali. Beberapa kerugian tersebut adalah kerusakan bangunan, kerusakan dan kehilangan harta benda serta gangguan spiritual atau kejiwaan yang dialami oleh para korban, terlebih anak-anak.
  2. Menyebabkan tanah longsor
    Getaran yang disebabkan oleh gempa bumi dapat menyebabkan berbagai macam bencana lain, salah satunya adalah tanah longsor. Getaran yang ditimbulkan dari gempa bumi akan menyebabkan beberapa bagian di bumi ini mengalami longsor, terutama pada gunung-gunung dan tanah dataran tinggi yang tidak memiliki struktur yang kuat.

  1. Terjadinya Tsunami
    Bencana alam lainnya yang dapat terjadi karena gempa bumi adalah bencana tsunami. Tsunami adalah naiknya gelombang air laut yang menyerupai ombak, namun intensitasnya besar. Tsunami akan terjadi ketika episentrum gempa berada di bawah laut dan tidak terlalu dalam. Apabila tsunami ini akan terjadi, maka kita akan melihat beberapa tanda- tanda terjadinya tsunami. Dengan demikian cukup bagi kita untuk menyelamatkan diri dan juga keluarga sebelum tsunami benar terjadi.
  1. Menimbulkan penyakit
    Dampak yang tidak langsung terjadi akibat gempa bumi adalah timbulnya berbagai penyakit. Hal ini terutama setelah kita berada di lingkungan pengungsian. Hidup bersama dengan fasilitas yang kurang memadai akan mudah sekali menimbulkan penyakit. Selain itu penularan berbagai penyakit juga sangat mudah, seperti penyakit kulit dan juga diare.
  1. Menyebabkan gangguan jiwa
    Salah satu dampak spiritual atau kejiwaan dari terjadinya gempa bumi antara lain frustasi, tekanan mental, trauma, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa dampak yang bisa ditimbulkan dari terjadinya gempa bumi. Gempa bumi memang menimbulkan banyak dampak, dan yang paling banyak adalah dampak negatif. Maka dari itulah perlu dilakukan berbagai cara agar dampak atau kerugian yang terjadi bisa diminimalkan. (ilmugeografi.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top