Friday , December 6 2019
Breaking News
Update Terkini Kelud (2)

Update Terkini Kelud (2)

Empat hari bencana erupsi Kelud telah berlalu. Secara resmi BPBD wilayah Wlingin, Malang menyatakan bahwa gunung itu masih dalam status AWAS. Demi keselamatan warga sendiri BPBD menghimbau agar para pengungsi tidak kembali dulu ke rumah mereka masing-masing sebelum BPBD menyatakan bahwa status sudah AMAN.

Sementara hujan lebat yang menguyur wilayah desa Selorejo, Ngantan, Pagersari dan Batu, Kabupaten Malang  kemarin (15/2), mengakibatkan tumpukan abu erupsi tersapu air hujan. Kini atap-atap rumah, jalanan dan pepohonan yang awalnya ditutupi abu erupsi sudah mulai bersih. Hal ini menggoda sejumlah pengungsi untuk pulang untuk memeriksa kondisi rumah mereka.

Kepulangan para pengungsi yang terkesan dibiarkan saja oleh aparat setempat berakibat pada pendataan para pengungsi di tempat pengungsian kerap kali berubah-ubah, sehingga data pasokan bantuan logistik pun menjadi tidak akurat. Ketika Dinas Sosial mengirimkan logistik ke pos pengungsian, ternyata jumlah pengungsi saat itu sudah berbeda, berkurang dari data sebelumnya. Bahkan sejumlah pos pengungsian telah kosong.

Alasan para pengungsi yang masih bertahan di pos-pos pengungsian karena rumah mereka masih tertutup abu erupsi. Sebab tidak semua wilayah diguyur hujan.

Deni, koordinator relawan menyatakan kepada ABI Press bahwa sampai saat ini, sejumlah warga masih membersihkan rumah-rumah mereka dari timbunan debu. (Deni-Lutfi/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top