Monday , July 13 2020
Breaking News
VOP Galang Aksi Tanda Tangan Solidaritas Untuk Palestina di Bundaran HI

VOP Galang Aksi Tanda Tangan Solidaritas Untuk Palestina di Bundaran HI

Maruarar-Sirait-PalestinaSeperti hari-hari Minggu biasanya, Car Free Day (CFD) Jakarta selalu diramaikan dengan berbagai hal, bukan hanya mereka yang menikmati hari tanpa kendaraan dengan berjalan kaki, bersepeda, berlari atau melakukan kampanye sosial kepada warga yang lalu lalang. Namun, ada yang beda dengan CFD Minggu ini (15/5).

Dari pantauan Tim ABI Press di lokasi, tepat di sisi Barat Bundaran Hotel Indonesia, sejumlah massa dari Voice Of Palestina (VOP) sedang membentangkan spanduk untuk aksi tanda tangan bagi mereka yang memberikan solidaritasnya untuk rakyat Palestina. Menurut koordinator aksi, Muhammad Sahid, aksi itu adalah bentuk dukungan kepada rakyat Palestina di Hari Nakbah.

Hari Nakbah adalah hari ketika rakyat Palestina diusir Zionis Israel dari tanah mereka sendiri, pada tanggal 14 Mei 1948.

Sahid mengatakan bahwa aksi tersebut untuk mengingatkan umat manusia terhadap apa yang menimpa saudara-suadara kita di Palestina. Sebab saat ini menurutnya, masyarakat dunia sudah mulai melupakan apa yang terjadi di Palestina. Terutama karena dominannya isu Suriah, penderitaan rakyat Palestina seolah terlupakan.

“Mengingatkan kembali umat manusia untuk tidak melupakan Palestina,” terang Sahid saat ditemui Tim ABI Press di lokasi aksi.

Sahid melanjutkan bahwa dengan kembali mengingatkan tentang derita yang dialami rakyat Palestina, dia berharap akan tumbuh kesadaran dalam diri setiap orang untuk membela kaum tertindas.

“Termasuk untuk membela, saudara-saudara kita di Palestina,” tegas Sahid.

Tak cuma itu, Sahid juga menegaskan bahwa aksi solidaritas untuk Palestina ini sesuai dengan konstitusi negara Republik Indonesia yang tertuang dalam pembukaan UUD 45, “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan.”

“Maka dengan aksi ini kita tunjukkan solidaritas bagi rakyat Palestina dan kita menentang penjajahan Israel terhadap Palestina,” pungkas Sahid.

Aksi tersebut mampu mengumpulkan ratusan tanda tangan dari warga yang mengikuti CFD Mnggu pagi, sebagai bukti solidaritas mereka untuk rakyat Palestina. Salah seorang penandatangan dukungan dan solidaritas itu di antaranya adalah politisi muda PDIP Maruarar Sirait. (Lutfi/Yudhi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top