Sunday , October 20 2019
Breaking News
Wisata Rally Disabilitas

Wisata Rally Disabilitas

Sebanyak seratus difable mengikuti Disabilitas Wisata Rally 2014 yang digelar di TMC Polri Polda Metro Jaya Jakarta.

Start dari depan TMC Polda menuju Bundaran HI, para penyandang disabilitas menggunakan kursi roda, motor roda tiga, motor roda dua dan mobil. Mereka tampak ceria mengikuti acara hasil kerjasama IMI (Ikatan Motor Indonesia), Polda Metro Jaya, HWDI (Human Right Disabilitas Indonesia), Ford dan beberapa lembaga lain itu.

Acara ini digelar sebagai upaya kampanye untuk menunjukkan bahwa para disabilitas ini ada di sekitar kita, sehingga dapat membuka mata masyarakat Indonesia dan DKI Jakarta pada khususnya. Bukan untuk mengasihani mereka, namun untuk mengingatkan bahwa mereka adalah disabilitas yang memiliki hak dan ruang yang sama di tengah masyarakat, tentunya dengan kebutuhan khusus mereka.

“Acara ini diadakan untuk menunjukkan bahwa para disabilitas ini ada, jadi mohon kasih fasilitas bagi mereka juga,” terang Dodi Irawan, salah seorang panitia acara.

Sri Martini, salah seorang penyandang disabilitas yang mengikuti Wisata Rally kali ini mengungkapkan kegembiraannya dapat turut serta dalam acara itu. Sri yang menggunakan kursi roda menceritakan kepada ABI Press bahwa dengan kondisi difabelnya, lingkungan di sekitarnya cukup baik memperlakukan dirinya.

Dengan mengikuti Wisata Rally ini, Sri berharap dapat menggugah perhatian pemerintah bahwa penyandang disabilitas membutuhkan fasilitas khusus untuk kebutuhan mereka. Sebab untuk saat ini tidak semua hal bisa diakses oleh para penyandang disabilitas. Untuk itu, Sri berharap acara Wisata Rally kali ini akan membuat masyarakat lebih mengenal kondisi para penyandang disabilitas.

“Mungkin juga, kita bisa diberi kesempatan yang sama untuk bekerja di instansi pemerintah,” harap Sri.

Setiap manusia berharap untuk mendapatkan perlakuan dan hak yang sama, begitupun dengan saudara-saudara kita penyandang disabilitas. Para disabilitas tidak ingin dikasihani, namun dengan keterbatasan mereka, mereka berharap difasilitasi untuk dapat memperoleh ruang dan kesempatan yang sama seperti halnya masyarakat lainnya.

Melalui even Disabilitas Wisata Rally 2014 inilah mereka mencoba menyuarakan isi hatinya. (Lutfi/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top