Tuesday , October 22 2019
Breaking News
10 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

10 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan

Sudah umum diketahui bahwa diet kaya buah dan sayuran akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi yang baik. Berdasarkan pengalaman dan studi ilmiah belum lama ini terungkap sifat gizi yang menakjubkan dari buah tertentu dan dengan pengetahuan yang tepat dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan masalah kesehatan tertentu. Salah satunya adalah buah semangka. 

Semangka tidak hanya lezat, tapi juga sarat nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan menyehatkan. 

Berikut ini di antara beberapa manfaatnya untuk kesehatan.
 
1. Tinggi Alkaline. 

Keseimbangan pH tubuh dianggap hal penting dalam menjaga kesehatan. Makan semangka akan membantu melawan tingkat keasaman berbahaya beragam makanan yang umum terdapat dalam menu diet di Barat.
 
2. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi. 

Beberapa studi telah menemukan manfaat semangka untuk sistem kardiovaskular. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa suplementasi ekstrak semangka (6g per hari selama 6 minggu) akan menyebabkan tekanan darah pergelangan kaki dan obesitas karotis indeks augmentasi pada orang dewasa dengan prehipertensi atau hipertensi berkurang. Sebuah studi 2014 menemukan bahwa semangka dapat memberikan cardioprotection dengan mengurangi tekanan darah aorta pada orang dewasa yang mengidap obesitas dengan hipertensi.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung.

Penelitian terbaru menunjukkan tanda-tanda cukup jelas bahwa semangka dapat mengurangi arteriosclerosis pada hewan. Sebagai sumber yang kaya citrulline, masuk akal bahwa hal itu juga dapat mengurangi plak arteri pada manusia. Tingginya kadar kalium juga berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Konsumsi jus semangka dapat meningkatkan konsentrasi plasma dari lycopene dan beta-karoten dan berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan lycopene sangat baik untuk kesehatan jantung.
 
4. Mengurangi Kadar Gula Darah. 

Berita bagus bagi penderita diabetes! Semangka termasuk dalam daftar buah dan makanan yang dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, simulasi efek dari insulin dalam tubuh.
 
5. Mengandung Banyak Air. 

Satu semangka matang mengandung lebih dari 90% air, hal ini dapat memuaskan dahaga Anda di hari yang panas! Lebih dari itu, makanan yang kaya air dianggap sebagai sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan yaitu seperti dehidrasi yang dapat menyebabkan kondisi merugikan bagi tubuh.
 
6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Tingginya kadar vitamin C dan A akan mendorong sistem kekebalan tubuh Anda. Lycopene dan beta-karoten juga membantu menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.
 
7. Menguatkan Tulang.

Lycopene secara umum diterima sebagai unsur yang bermanfaat bagi kesehatan tulang sehingga menjadi obat yang baik untuk membantu memerangi penyakit tulang degeneratif seperti osteoporosis.
 
8. Menghasilkan Energi.

Semangka mengandung gula alami dan vitamin B untuk meningkatkan energi Anda tanpa efek samping yang diakibatkan oleh gula rafinasi atau minuman energi yang mengandung bahan kimia.
 
9. Membersihkan Ginjal.

Konsentrasi tinggi dari citrulline, yang diubah oleh tubuh menjadi arginin, memiliki implikasi positif bagi kesehatan sistem kandung kemih dan kandungan air yang tinggi juga membantu di sini.
 
10. Anti Kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan lycopene, yang memberikan semangka karakteristik warna merah, memiliki manfaat tambahan dalam pengobatan dan pencegahan kanker prostat dan kanker lainnya. Lycopene terkenal karena kemampuannya untuk memerangi radikal bebas yang memicu timbul dan berkembangnya berbagai penyakit degeneratif kronis seperti kanker. Benihnya juga mengandung triterpen yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel leukemia. Menariknya, lycopene juga terdapat dalam tomat dan dianggap sebagai salah satu alasan untuk penyehatan keseluruhan tubuh pada diet Mediterania. 

Siapkah Anda menghadrikan buah semangkan dalam hidangan anda sehari-hari? Untuk hasil yang terbaik makanlah buah organik, bukan buah yang terkena paparan penggunaan pestisida. (Lutfi/Yudhi)

Sumber:www.herbs-info.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top