Sunday , December 15 2019
Breaking News
5 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan

5 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan

Tomat adalah buah yang setiap hari dapat dengan mudah kita temukan, baik di tukang sayur maupun di dapur-dapur masyarakat Indonesia. Kadang tomat hanya dipandang sebagai pelengkap untuk memasak sayuran atau membuat sambal. Tapi ternyata, tomat memiliki sejumlah khasiat yang patut juga diperhitungkan.

Berikut adalah 5 khasiat tomat untuk kesehatan.
 
1. Anti Radikal Bebas.
Sifat antioksidan lycopen dapat melindungi sel-sel untuk kekebalan tubuh kita dari radikal bebas yang merusak, molekul yang dapat membahayakan sel-sel dan kerusakan DNA. Cara terbaik untuk mendapatkan lycopene pada kulit, dengan memberikan tomat merah yang kaya warna-adalah dengan cara tomat dimasak atau diolah (jus, saus dan pasta). Tomat yang dimasak dengan sedikit minyak yang sehat (misalnya, zaitun atau canola), dapat membantu membawa lycopene dengan mudah ke dalam aliran darah.
 
2. Perawatan Jantung.
Tomat kaya akan vitamin C,  seperti lycopene, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sebagian besar vitamin C terkonsentrasi dalam kandungan seperti jelly yang membungkus biji. Tomat juga tinggi salisilat, yang memiliki efek anti-pembekuan darah, dan mungkin sebagian dapat digunakan untuk perlindungan terhadap penyakit jantung. Banyak resep menyarankan membuang biji tomat untuk mencegah rasa pahit. Tapi untuk mendapatkan manfaat nutrisi, sebaiknya menggunakan buah tomat yang memiliki biji kurang pahit.
 
3. Pengendali Asma.
Sebuah penelitian di Australia baru menemukan bahwa asupan lycopene dan vitamin A membantu mengurangi gejala asma.
 
4. Asupan Tulang.
Tomat mengandung vitamin K, yang memainkan peran kunci dalam pembekuan darah dan menjaga tulang tetap kuat. Penelitian dari Boston University menemukan bahwa kekurangan vitamin K dikaitkan dengan prevalensi yang lebih besar pada osteoarthritis pada tangan dan lutut.
 
5. Tambahan Vitamin A.
Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, membran mukosa, tulang dan gigi. Satu cangkir (250 ml) tomat cincang menyediakan lebih dari setengah jumlah konsumsi harian vitamin A yang direkomendasikan untuk wanita. (Lutfi/Yudhi)

 

Sumber : www.besthealthmag.ca

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top