Thursday , November 14 2019
Breaking News
Hindari Tiga Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Kembung

Hindari Tiga Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Kembung

Kebiasaan buruk kita ternyata adalah sebab dari sejumlah penyakit yang kita derita, salah satunya adalah sakit perut kembung yang sering dialami masyarakat Indonesia dan biasanya akan diobati dengan obat oles pada perut.

Namun bagaimana jika ternyata Anda bisa menghindari perut kembung cukup dengan mengubah kebiasaan buruk Anda?

Berikut adalah tiga kebiasaan buruk yang menyebabkan perut kembung menurut viralalternativenews

1. Cerna makanan Anda dengan benar.

Makanan tidak tercerna dapat dengan mudah menimbulkan gas pada usus. Jika Anda memiliki gluten atau intoleransi laktosa, makanan dengan gluten atau produk susu juga akan sulit dicerna oleh tubuh Anda yang menyebabkan gas dan ketidaknyamanan.

Jika perut Anda tidak mengandung bakteri usus yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan yang sehat di dalamnya, Anda tidak akan dapat mencerna makanan secara efektif. Hal ini dapat disebabkan oleh diet buruk yang tidak sehat dengan penyerapan karbohidrat, antibiotik, obat atau semacamnya. 

2. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan penyebab Kembung dan Gas.

Banyak makanan dapat menyebabkan kembung, gas dan ketidaknyamanan. Mereka juga memicu asam lambung, yang ketika asam lambung naik ke kerongkongan akan mengakibatkan mulas pada perut.
Gas berbentuk makanan termasuk makanan berlemak. Makanan berlemak sulit untuk dicerna, sehingga tetap berada dalam usus, menyebabkan kondisi tidak nyaman dan perut menjadi terlalu penuh. 

Makanan berlemak juga menyebabkan gas usus dan penumpukan gas di dalam usus. Makanan yang digoreng atau makanan lain berlemak tinggi dapat menyebabkan gas dan kembung.

Makanan tinggi serat juga dapat menjadi penyebab masalah pada usus. Beberapa makanan utama yang menyebabkan naiknya asam lambung, gas, dan kembung adalah:
• Sayuran
• Buah.
• Sereal
• Pasta
• Produk susu
• Semua jenis biji-bijian

3. Hindari makanan penyebab kembung, Gas, dan naiknya asam lambung.

Mengunyah permen karet dan permen hisap, serta sejumlah kegiatan sejenis lainnya dapat dengan mudah menyebabkan udara berlebih yang akan masuk ke dalam perut, menyebabkan gas. Minum minuman berkarbonasi, soda, dan minuman sejenis dapat menambahkan kadar udara disaluran usus. Menghisap rokok juga dapat menambah udara ke sistem pencernaan Anda dan menyebabkan gas, kembung dan ketidaknyamanan.

Menghindari makanan tertentu dan tidak melakukan perilaku tertentu yang dapat menghasilkan gas dan akibat kembung adalah langkah terbaik. Menngkonsumsi obat tanpa resep jika diperlukan juga bisa membantu, tapi jalan alternatif alamiah tetaplah yang utama. Jika gejala berlanjut, periksakan diri Anda ke dokter. (Lutfi/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top