Friday , November 22 2019
Breaking News
Kenali 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Kenali 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Bulan Suci Ramadhan telah tiba. Segenap umat Islam pun diperintahkan menahan diri dari makan dan minum sejak waktu Imsyak hingga waktu Maghrib, setiap hari, selama sebulan. Di bulan ini pula Allah menjanjikan pahala berlipat ganda, membuka peluang untuk mempertebal iman dan menyediakan kesempatan bagi para hamba-Nya untuk meraih predikat takwa, khususnya bagi para pelaku puasa, hingga kembali “suci” di Hari Raya nanti.

Namun tahukah Anda bahwa selain karunia pahala, ternyata puasa juga dapat memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh dan jiwa kita?

Berikut ini kami rangkumkan untuk Anda 10 manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Puasa membantu turunkan berat badan.

Puasa dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan, seperti banyak studi yang telah dilakuan bahwa puasa yang dilakukan dalam beberapa jam dapat membakar lemak lebih efektif daripada diet pada umumnya.

Puasa dengan pengaturan jam tertentu dapat memanfaatkan sumber energi utama daripada menggunakan gula. Banyak atlit saat ini menggunakan metode puasa untuk menurunkan berat badan mereka agar lebih siap bertanding.

2. Puasa dapat memperbaiki sistem insulin.

Puasa memiliki efek positif untuk meningkatkan insulin, membakar karbohidrat dibanding dengan mereka yang tidak berpuasa. Sebuah studi menunjukan bahwa setelah berpuasa untuk jangka waktu tertentu, insulin bekerja cepat untuk membakar glukosa dalam darah.

3. Puasa akan mempercepat metabolisme tubuh.

Puasa akan memberikan waktu istirahat bagi sistem pencernaan, dan ini akan meningkatkan metabolisme untuk membakar kalori dengan lebih efektif. Jika pencernaan buruk, maka puasa akan memberikan kemampuan metabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa dapat mengatur pencernaan dan membuat fungsi perut menjadi lebih baik dan ini akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

4. Puasa akan memperpanjang umur.

Percaya atau tidak, semakin sedikit Anda makan maka semakin panjang umur Anda. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa budaya masyarakat kita saat ini telah meningkatkan risiko kematian. Bagaimanapun, kita tidak harus hidup dalam lingkungan yang asing untuk mendapatkan manfaat dari berpuasa. Salah satu efek  penuaan adalah menurunnya metabolisme tubuh, semakin muda usia semakin cepat dan efisien metabolisme tubuh Anda. Semakin jarang Anda makan, semakin sedikit pencernaan Anda bekerja.

5. Puasa akan meningkatkan daya tahan terhadap rasa lapar.

Coba pikirkan hal ini, dapatkah Anda merasakan pengalaman lapar sesungguhnya jika Anda memakan makanan setiap 3-4 jam? Tentu saja tidak. Faktanya, untuk merasakan lapar yang sesungguhnya, akan dibutuhkan lebih dari 12 hingga 24 jam tanpa makan.

Puasa membantu mengatur hormon di dalam tubuh sehingga Anda akan merasakan lapar yang sesungguhnya.

Semakin lama Anda berpuasa maka Anda akan semakin dapat mengatur sendiri hormon-hormon yang bekerja, sehingga Anda akan dapat merasakan lapar yang sesungguhnya. Jika hormon Anda bekerja dengan baik, maka hanya dengan sedikit makan pun Anda akan cepat merasa kenyang.

6. Puasa membantu menemukan bentuk pola makan.

Puasa dapat membantu melatih mereka yang mendapat gangguan makan sembarangan dan bagi mereka yang mendapat kesulitan untuk menentukan makanan yang tepat akibat pekerjaan ataupun prioritas yang lain.

Dengan berpuasa sepanjang siang tanpa mengkonsumsi makanan, dapat membuat Anda mengatur waktu makan Anda sesuai dengan gaya hidup Anda. Sedangkan bagi mereka yang ingin mengadakan pesta makan malam, maka dapat mengatur waktu sesuai dengan waktu makannya dalam satu waktu, dengan tidak makan pada siang harinya.

7.  Puasa dapat meningkatkan fungsi otak.

Puasa telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak, karena akan mendorong produksi protein yang disebut Brain-Derived Neurotrophic Factor (BDNF).

BDNF mengaktifkan sel otak untuk mengubahnya menjadi neurons yang baru, dan memicu banyak senyawa kimia lain yang akan meningkatkan kesehatan syaraf. Protein ini juga akan melindungi sel-sel di otak Anda dari bahaya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

8. Puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh.

Puasa dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sebab akan mengurangi radikal bebas yang rusak dan secara teratur mengatur kondisi tubuh dan menghindari sel kanker.

Saat hewan sakit mereka akan berhenti makan dan fokus untuk beristirahat. Ini adalah naluri utama untuk menekan stres pada sistem internal mereka, sehingga tubuh mereka bisa melawan infeksi. Bagi manusia, mereka akan mencari makanan saat mereka sakit, bahkan saat makanan tersebut tidak dibutuhkannya.

9. Puasa dapat mencerahkan pikiran dan jiwa

Puasa membuat banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupannya, terutama saat mereka sedang membaca, bermeditasi, yoga dan martial arts. Tanpa adanya makanan dalam sistem pencernaan, maka akan menciptakan ruangan untuk energi yang berlebih di dalam tubuh. Karena pencernaan adalah salah satu sistem energi di dalam tubuh.

Puasa untuk pencerahan diri maksudnya adalah membuat kesadaran dan fisik kita menjadi lebih baik. Dengan badan yang sehat dan pikiran yang jernih, maka kita akan menjadi lebih peka dan lebih mampu bersyukur dengan segala hal di sekitar kita.

10. Puasa dapat menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat .

Puasa dapat membuat kulit menjadi lebih halus, sebab dengan tubuh yang untuk sementara terbebas dari kesibukan aktivitas pencernaan, maka akan berfokus pada regenerasi energi pada sistem yang lain.

Tidak makan selama satu hari akan membuat tubuh bersih dari racun dan mengatur fungsi organ tubuh yang lain seperti hati, ginjal dan bagian lainnya.

Setelah mengetahui bahwa manfaat puasa tidak hanya sekadar mendapatkan pahala, meningkatkan iman dan takwa, masihkan kita akan berdalih untuk tidak berpuasa? (Lutfi/Yudhi)

Sumber : www.lifehack.org

One comment

  1. Terimakasih atas informasinya min. sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top