Saturday , June 6 2020
Breaking News
Multi Khasiat Buah Alpukat

Multi Khasiat Buah Alpukat

Suka buah Alpukat? Buah yang lembut dan rasanya nikmat ini tak hanya lezat tapi juga menyehatkan dan bergizi.

Buah yang berasal dari Mexiko dan Amerika Tengah ini, termasuk dalam keluarga tanaman Lauraceae bersama dengan Kayu manis dan Kamper. Alpukat dalam botanikal termasuk dalam jenis buah Berry besar yang berbiji satu. Buah ini bernilai komersial dan dibudidayakan di iklim tropis dan mediterania di seluruh dunia.

Buah Alpukat memiliki kulit berwarna hijau, dengan bentuk buah menyerupai buah Pir atau juga kadang bulat menyerupai telur. Biji Alpukat juga dapat dikonsumsi. Biji ini memeliki sekitar 70% dari antioksidan diseluruh buah Alpukat. Biji Alpukat memiliki antioksidan untuk kolesterol dan dalam penelitian menyatakan bahwa biji Alpukat memiliki Serat lebih mudah larut dari pada oatmeal dan dari hampir semua makanan lainnya. Biji Alpukat juga bagus untuk mengobati radang saluran pencernaan dan diare.

Berikut sejumlah alasan untuk mengkonsumsi buah Alpukat.

1. Buah Alpukat mengandung sejumlah nutrisi, antara lain:

-Vitamin K

-Folate

-Vitamin C

-Potassium

-Vitamin B5

-Vitamin B6

-Vitamin E

-Mengandung sebagian kecil Mangnesium, Mangan, Tembaga, Besi, Zink, Fosfor, Vitamin A1, B1, B2 dan B3.

2. Mengandung lebih banyak Kalium dibandingkan pisang. Kalium membantu menjaga komposisi listrik dalam sel-sel tubuh dan melayani berbagai fungsi penting.

3. Mengandung serat dengan asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat utuk jantung. Lemak yang ada dalam kandungan Alpukat disebut Oleat. Ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang merupakan komponen utama dalam minyak zaitun dan diyakini dapat menghasilkan beberapa efek yang menguntungkan. Asam Oleat dapat mengurangi peradangan dan memiliki efek yang bermanfaat untuk penyakit kanker.

4. Alpukat kaya dengan serat yang merupakan materi tanaman yang dicerna untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi lonjakan gula dalam darah dan sangat terkait dengan sejumlah risiko penyakit.

5. Banyak makan Alpukat lebih dapat menurunkan kadar Kolesterol dan trigliserida. Alpukat dapat mengurangi kadar Kolesterol, mengurangi trigliserida sebesar 20%, menurunkan Kolesterol LDL sebesar 22 persen, dan meningkatkan Kolesterol HDL sebesar 11 %.

6. Mereka yang memakan alpukat cenderung lebih sehat. Sebuah penelitian yang menganalisis 17.567 peserta dan menemukan jauh lebih sehat dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi Alpukat. Asupan gizi mereka lebih tinggi dan setengah dari mereka lebih memiliki sindrom metabolik.

7. Lemak dalam Alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan nabati. Alpukat mengandung karotenoid dan vitamin A, D, E, dan K yang berfungsi menyerap nutrisi. Menambahkan Alpukat dalam makanan untuk diet secara dramatis dapat meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang dimakan.

8. Alpukat kaya dengan kandungan antioksidan yang dapat melindungi mata. Mengandung nutrisi yang disebut Lutein dan Zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata. Hasil studi menunjukkan bahwa nutrisi ini terkait dengan penurunan resiko katarak dan degenerasi makula.

9. Alpukat dapat membantu mencegah kanker. Meskipun bukti untuk hal ini sedikit, tapi Alpukat masih mungkin bermanfaat dalam mencegah kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi efek samping dari kemoterapi dalam limfosit.

10. Ekstrak Alpukat dapat membantu meringankan gejala arthritis. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ekstrak dari Alpukat dan minyak kedelai dapat mengurangi gejala atau arthritis tulang.

11. Memakan Alpukat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, sejumlah orang yang dibagi menjadi dua kelompok, kelompok yang mengkonsumsi Alpukat merasa 23 persen lebih puas dan memiliki keinginan 28 persen lebih rendah untuk makan selama 5 jam ke depan.

12. Alpukat lezat dan mudah untuk program diet. Alpukat dapat ditambahkan ke berbagai makanan, seperti salad dan berbagai resep, atau Anda hanya bisa meraup mereka dengan sendok dan memakannya langsung.

Nah, apakah sudah ada Alpukat dalam menu Anda hari ini?

(Lutfi/Yudhi)

Sumber:

http://authoritynutrition.com/12-proven-benefits-of-avocado/

http://www.livestrong.com/article/254258-health-benefits-of-avocado-seed/

http://omtimes.com/2012/10/13-great-benefits-of-eating-avocado-seeds/

 

 

One comment

  1. nyam nyam nyam delicious

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top