Monday , December 16 2019
Breaking News
BNPB: Waspada Banjir Besar Bulan Maret!

BNPB: Waspada Banjir Besar Bulan Maret!

BMKGBMKG menyatakan bulan Februari dan Maret masih berada dalam musim penghujan. Berdasarkan pola hujan rata-rata, pada bulan ini curah hujan juga masih relatif tinggi. Terutama di pulau Jawa. Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, DR. Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta Rabu (26/2) kemarin.

“Setelah saya buka prediksi BMKG tadi, bulan Maret nanti curah hujannya diperkirakan lebih tinggi dibandingkan bulan Februari,” ujarnya dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jl. Ir. H. Juanda No. 36 Jakarta Pusat.

Mengacu pada prediksi BMKG itu Sutopo menghimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan adanya ancaman banjir yang lebih besar. “Terutama di wilayah potensial banjir seperti Jakarta, Tangerang dan Bekasi,” tambahnya.

Sejalan dengan himbauan itu, pihaknya menurut Sutopo juga sedang mempersiapkan berbagai bentuk antisipasi terkait bencana.

Hingga saat ini BNPB belum tahu persis akumulasi total kerugian akibat bencana, karena masih dalam proses penghitungan dan pengkajian lembaga itu. Namun selain BNPB, BMKG pun menurutnya juga tengah mempersiapkan anggaran guna merealisasikan program-program terkait penanggulangan bencana. (Malik/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top