Thursday , July 9 2020
Breaking News
Tiga Even Pameran Buku IKAPI

Tiga Even Pameran Buku IKAPI

Pameran buku, adalah pameran ilmu pengetahuan yang telah dituangkan dengan tinta dalam lembaran-lembaran kertas lalu dijilid dalam satu bendel dan kemudian dikenal dengan sebutan buku. Buku memudahkan pemberian asupan informasi ke dalam otak sebagai bekal menimbang berbagai pilihan yang akan diambil dalam hidup dengan lebih cerdas.

Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa inilah, maka IKAPI DKI menyelengarakan pameran rutin tiga kali dalam setahun. Pertama, Islamic Book Fair yang dilaksanakan pada bulan Maret. Pameran buku ini dikhususkan untuk buku-buku Islam. Kedua, Jakarta Book Fair, yang dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni. Pameran buku ini memamerkan buku umum dan buku anak. Sedangkan yang ketiga adalah Indonesia Book Fair, dilaksanakan pada bulan Oktober. Dalam pameran ini dipamerkan sejumlah buku dari penerbit dan perpustakaan baik dalam maupun luar negeri.

Ketiga pameran sama-sama digelar di Istora Senayan Jakarta. Selain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, ketiga pameran buku itu bertujuan memutus mata rantai dan meminimalkan tersendatnya ditribusi yang sangat panjang antara penerbit dengan pembaca. Karena seringkali persoalan distribusi inilah yang menjadi kendala bagi para penerbit untuk dapat mengantarkan buku-buku mereka kepada para pembaca di daerah-daerah yang jauh dan sulit dijangkau. “Inilah inisiatif kami untuk membantu kelancaran distribusi buku dari penerbit kepada pembaca dengan cara yang lebih baik dan lebih praktis.” Demikian disampaikan H.E. Afrizal Sinaro, Ketua IKAPI DKI Jakarta kepada ABI Press di ruang sekretariat Islamic Book Fair, Senin (3/3) kemarin. (Lutfi/Yudhi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top